Home > Umum

Jumlah Pengunjung GJAW Diklaim Meningkat, Gaikindo: Hasil Transaksi Masih Didata

GJAW  2023 menghadirkan inovasi Industri otomotif Indonesia secara lengkap, diikuti total lebih dari enam puluh merek.

MOTORESTO.ID, JAKARTA--Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang diprakarsai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hingga hari terakhir Minggu (20/3) diklaim berhasil meraih jumlah pengunjung 86.168 orang, Jumlah itu naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Meski sebelumnya tersiar kabar sepi pengunjung.

Berdasarkan pemantauan selama pameran berlangsung, sejumlah pramuniaga di beberapa stand produk otomotif terlihat santai berdiri dan bersendagurau dengan sesama rekan pamuniaga lainnya sambil memegang sejumlah brosur. Sedangkan pramuniaga lainnya melayani beberapa pengunjung yang mencari tahu informasi kendaraan baru yang dipamerkan.

Namun, pihak Gaikindo belum dapat memberikan laporan hasil akhir penjualan pameran karena transaksi dari deretan APM peserta pameran, masih terus didata peserta, untuk disampaikan kepada Gaikindo, dan kemudian dilaporkan kepada Kementerian Perindustrian.

Laporan tertulis akan segera disampaikan setelah laporan dinilai lengkap. “Identitas GJAW pada tahun ini akan menjadi konsep penyelenggaraan berikutnya untuk memperluas pembeli potensial yang hadir," kata Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo.

Pihak Gaikindo menilai meningkatnya jumlah pengunjung tersebut tidak terlepas dari kolaborasi konsep antara otomotif dan lifestyle. Keduanya apabila digabungkan mampu mencangkup audience, exposure dan publikasi lintas industri lebih luas. "Konsep otomotif x lifestyle pada GJAW 2023 menegaskan keterkaitan antara industri otomotif dan lifestyle yang potensinya sangat besar," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

GJAW  2023 menghadirkan inovasi Industri otomotif Indonesia secara lengkap, total lebih dari enam puluh merek, termasuk kendaraan penumpang, kendaraan premium, kendaraan komersial, dan industri pendukung. Banyaknya peserta APM kendaraan bermotor dan juga industri pendukung yang berpartisipasi pada GJAW 2023 menandakan semangat, gairah dan kepercayaan industri otomotif yang semakin besar terhadap pelaksanaan pameran GJAW 2023.

Brand otomotif yang berpartisipasi meliputi; BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling menampilkan produk terbaru dan juga promo terbaik sepanjang pameran berlangsung.

GJAW ditujukan sebagai ajang pendorong penjualan produk otomotif diawal tahun, target utamanya tentu adalah angka penjualan, namun para peserta juga memilih GJAW untuk meluncurkan model kendaraan terbarunya.

Beberapa model diluncurkan termasuk diataranya Subaru Crosstrek, Lexus RZ BEV, dan Toyota RAV4. Dan tiga model yakni Toyota All New Agya, All New Astra Daihatsu Ayla, serta Chery Omoda 5 untuk pertama kali dijual untuk umum pada penyelenggaraan GJAW 2023 ini.

 

× Image