Home > Umum

Metode Out Of The Box Para Desainer Honda

Honda memanfaatkan kecanggihan VR untuk mengembangkan desain produknya, mulai dari Honda Pilot TrailSport hingga model mobil listrik terbaru Honda yaitu Honda Prologue EV di Amerika Serikat.

MOTORESTO.ID JAKARTA–Teknologi Virtual Reality (VR) merupakan sebuah terobosan dalam dunia teknologi. Pada umumnya, VR dikembangkan dalam proyek video game. Namun, Honda memanfaatkan kecanggihan VR untuk mengembangkan desain produknya, mulai dari Honda Pilot TrailSport hingga model mobil listrik terbaru Honda yaitu Honda Prologue EV di Amerika Serikat.

[caption id="attachment_2666" align="alignleft" width="329"] Visualisasi Honda Prologue[/caption]

Teknologi VR menjadi salah satu teknologi andalan para desainer Honda di American Honda Motor Co., Inc. Terutama ditengah pandemi Covid 19 yang membatasi pertemuan banyak orang. Alasan mereka memanfaatkan teknologi dan augmented reality dikarenakan kebebasan ruang dan waktu dalam berkreasi. Salah satu model hasil rancangan teknologi virtual reality adalah Honda Prologue yang akan menjadi mobil SUV listrik pertama dari Honda. Para desainer Honda menggunakan teknologi VR dalam melakukan evaluasi warna, bahkan hingga menggambarkan trim secara keseluruhan.

Para desainer Honda telah bereksperimen dengan teknologi VR sejak enam tahun yang lalu, sehingga ditemukannya metode baru yang efisien dalam menciptakan produk dengan lebih baik. Namun demikian, penggunaan teknologi VR dalam membuat suatu produk tidak dapat menghilangkan sentuhan langsung secara fisik dan emosi dari desainer.

"Penggunaan teknologi ini merupakan upaya berkelanjutan untuk mengoptimalkan kemampuan teknis VR, dan kami sangat bersemangat untuk menggunakan teknologi ini dalam pengembangan produk Honda di masa depan.” Ucap Mathieu Geslin selaku VR Technology Leader Honda Design Studio.

Untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050, Honda akan memperkenalkan 30 kendaraan listrik baru secara global pada tahun 2030, dengan volume penjualan global sebesar 2 juta unit. Honda telah menetapkan garis waktu untuk pengenalan EV hingga tahun 2030 dan pada akhirnya menjadi 100% penjualan mobil tanpa emisi pada tahun 2040 di Amerika Utara.

× Image