Home > Mobil

OLX Autos IMX 2023, Fasilitasi Kreativitas Anak Muda di Era Elektrifikasi

Kemenperin RI sedang mengupayakan kreativitas anak muda supaya mendapat sertifikasi dan pengakuan atas hasil karyanya agar bisa mengantongi legalitas di Tanah Air.

MOTORESTO.ID, JAKARTA--Kreativitas bagi modifikator menjadi kata kunci bagi industri otomotif khususnya di dunia modifikasi. Bahkan kini di era elektrifikasi, kreativitas para modifikator kembali ditantang untuk menghadirkan karya yang mampu menjawab kebutuhan kendaraan berbasis elektrifikasi.

Tantangan itu tercermin dari sambutan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo yang menilai masa depan industri modifikasi Indonesia menuju era elektrifikasi kendaraan. "Saat ini kita tidak lagi bicara industri modifikasi kendaraan konvensional. Era elektrifikasi menjadi tantangan baru para modifikator di tahun mendatang dengan cara memperluas masa depan industri seiring dengan perkembangan tren kendaraan di dunia," katanya di sela kick off OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2023, Senin (28/11/2022).

Di sisi lain, industri modifikasi dan aftermarket bersama Kemenperin RI sedang mengupayakan untuk mendorong kreativitas anak muda supaya mendapat sertifikasi dan pengakuan atas hasil karyanya sehingga bisa mengantongi legalitas di Tanah Air. "Jangan sampai kita hanya sekedar menikmati produk modifikasinya saja. Sudah saatnya industri modifikasi dan produk aftermarket bangkit dan menjadi pemain di ranah Internasional," kata Bamsoet.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian RI, Taufiq Bawazier juga menilai erkembangnya industri modifikasi dalam negeri tidak hanya akan memberikan nilai tambah melalui kreativitas dan inovasi, tetapi juga multiplier effect dengan berkembangnya industri komponen kendaraan aftermarket terutama industri kecil menengah (IKM).

Gelaran OLX Autos IMX 2023 yang mengusung tema "The Future of Creativity" merupakan strategi yang tepat untuk merangsang ekosistem industri komponen aftermarket. "Ke depannya, kami mendorong agar NMAA sebagai asosiasi industri modifikasi menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSPro) untuk jasa industri modifikasi kendaraan bermotor, " Tutur Taufiq.

Andre Mulyadi, IMX Project Director menambahkan, wujud inovasi dan kreatifitas anak muda terlihat dari munculnya para modifikator pemula. Bahkan saat ini tren elektrifikasi dan migrasi kendaraan listrik di Indonesia mulai menjadi potensi baru yang dapat dikembangkan ke depannya. "Secara bisnis, perkembangan otomotif dan aftermarket tumbuh beriringan dengan perkembangan teknologi di dunia untuk membuka jaringan guna memperkenalkan serta mengeksplorasi pasar industri modifikasi dan aftermarket Indonesia di masa depan," kata Andre.

Sandy Maulana, Director of Marketing OLX Autos Indonesia mengatakan generasi muda menjadi salah satu pendorong perubahan bagi suatu negara. Untuk itu, OLX Autos kembali berkolaborasi dengan IMX 2023 dengan menjadi sponsor utama atau main title yang akan menghadirkan sejumlah program menarik terkait dengan otomotif dan lifestyle yang menjadi kegemaran Gen Z dan generasi millenial saat ini.

Keseruan dari program OLX Autos IMX 2023 'The Future of Creativity' akan tersaji dalam sejumlah 'IMX series' yang akan digelar di beberapa kota sepanjang tahun 2023 seperti Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali. Sementara itu puncak acara OLX Autos IMX 2023 akan digelar pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Hall A - B JCC Senayan, Jakarta.

 

× Image