Home > Bisnis

Rayakan Ulang Tahun ke 8, Ini Gebrakan Wuling untuk Pasar Indonesia

Wuling merayakan ulang tahun ke-8 di Indonesia
Dok. Motoresto.id
Dok. Motoresto.id

MOTORESTO.ID, CIKARANG -- Wuling Motors merayakan hari jadinya yang ke-8 di Indonesia pada 11 Juli 2025 di fasilitas produksi mereka di Cikarang. Dengan mengusung semangat “Dibangun di Indonesia, untuk Anda”, perayaan ini tak hanya menjadi momen syukur, tetapi juga penegasan komitmen Wuling dalam mendukung industri otomotif nasional melalui inovasi, ekspansi produk, dan kontribusi sosial.

Sejak meresmikan pabriknya pada Juli 2017, Wuling telah menegaskan diri sebagai salah satu pemain penting di Indonesia. Mereka membangun fasilitas seluas 60 hektare di Cikarang, didukung oleh 1.000 tenaga kerja lokal, sistem rantai pasok domestik yang kuat, dan layanan purnajual dengan jaringan lebih dari 150 diler di seluruh Indonesia.

“Dalam 8 tahun perjalanan ini, semua pencapaian kami tidak lepas dari kerja keras seluruh karyawan, dukungan pemerintah Indonesia, dan kepercayaan lebih dari 160.000 pengguna serta mitra kami,” kata Tang Wensheng, President Director Wuling Motors. “Untuk itu, atas nama Wuling Indonesia, saya ingin menyampaikan rasa hormat dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Anda semua.”

Sebagai bagian dari perayaan, Wuling meluncurkan New BinguoEV—mobil listrik dengan pembaruan fitur dan desain yang lebih sesuai kebutuhan pasar. Selain itu, Wuling juga mengadakan seremoni ekspor perdana ke Sri Lanka sebagai bagian dari ekspansi ke pasar internasional, serta Business Preview untuk Mitra EV, kendaraan listrik komersial pertama Wuling di Indonesia yang dirancang menjawab kebutuhan transportasi niaga di kota besar maupun luar kota.

Hingga pertengahan 2025, Wuling telah memproduksi lebih dari 167.000 unit kendaraan. Dari jumlah itu, lebih dari 6.800 unit telah diekspor ke 18 negara setir kanan, memperluas pengakuan merek di pasar global. Dalam portofolionya, Wuling kini memiliki 9 model kendaraan: 4 berbasis ICE (Internal Combustion Engine), 1 hybrid, dan 4 EV, seluruhnya diproduksi di Indonesia.

“Kami bersyukur bisa dipercaya lebih dari 160.000 konsumen di Indonesia. Brand Wuling sudah diterima dengan baik meski tantangannya besar. Ke depan, kami terus menghadirkan produk sesuai kebutuhan konsumen, seperti pembaruan Binguo EV yang menyesuaikan permintaan pasar. Selain itu, kami juga membidik segmen komersial dengan Mitra EV, memperluas penetrasi mobil listrik ke luar kota besar dengan dukungan sekitar 150 dealer di seluruh Indonesia.” tambah Ricky Christian, Marketing Operation Director Wuling Motors.

Dalam momen ulang tahun ini, Wuling juga memberikan apresiasi kepada pihak yang mendukung perjalanannya. Ada penghargaan khusus bagi karyawan berdedikasi tinggi dalam tiga kategori, 20 tenaga penjual dengan performa terbaik, serta delapan konsumen loyal yang dianggap menjadi bagian penting dari kesuksesan Wuling.

Dok. Motoresto.id
Dok. Motoresto.id

Tak hanya soal bisnis, Wuling juga menegaskan komitmen pada keberlanjutan lewat program Corporate Social Responsibility (CSR). Melalui inisiatif “10.000 Pohon untuk Indonesia”, Wuling memenuhi janjinya sejak 2017 untuk mendukung lingkungan. CSR Wuling berfokus pada tiga pilar: pendidikan, kesehatan, dan lingkungan, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Tang Wensheng menutup perayaan dengan menegaskan visi Wuling ke depan:

“Wuling Indonesia akan terus berpegang pada prinsip ‘Dibangun di Indonesia, untuk Anda’ dan berkomitmen memberikan produk serta layanan yang lebih baik lagi bagi para pengguna. Bersama seluruh karyawan dan semua anggota keluarga besar Wuling, kami telah membangun platform luas untuk tumbuh dan berkembang bersama.”

Dok. Motoresto.id
Dok. Motoresto.id
× Image