HUT 30 Tahun Garda Oto Hadirkan Fitur Virtual Survey, Seperti Apa ?

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, menandai perjalanan tiga dekade kehadirannya di Indonesia sejak pertama kali hadir pada tahun 1995. Selama 30 tahun, Garda Oto bukan hanya memberikan perlindungan untuk kendaraan bermotor, namun juga menjadi mitra dalam menciptakan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman bagi jutaan pelanggan di seluruh negeri.
Menjelang perayaan ulang tahun ke-30 pada 1 Juni mendatang, Garda Oto resmi meluncurkan inovasi terbaru mereka: Virtual Survey. Fitur ini tersedia melalui aplikasi myGarda, dan memungkinkan pelanggan untuk melakukan survei kendaraan secara daring lewat video call bersama surveyor Garda Oto, sesuai dengan tagline-nya, Claim from Anywhere.
Virtual Survey dihadirkan sebagai respons terhadap perubahan perilaku pelanggan di masa pasca pandemi. Banyak pelanggan kini tinggal atau bekerja di daerah dengan akses terbatas, seperti wilayah pertambangan atau perkebunan, di mana kunjungan ke kantor cabang atau Garda Center menjadi kurang praktis. Meski sebelumnya pelanggan di wilayah remote bisa dibantu bengkel rekanan, banyak yang masih menginginkan interaksi langsung dengan surveyor. Melalui Virtual Survey, proses tersebut kini menjadi jauh lebih mudah, fleksibel, dan efisien.
“Inovasi ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk terus berkembang bersama pelanggan. Then and Now, Always Garda Oto bukan sekadar tagline, tapi harapan kami agar Garda Oto tetap menjadi pilihan tepercaya pelanggan, sekarang dan di masa depan,” ungkap Maximiliaan Agatisianus, President Director Asuransi Astra.
Melalui aplikasi myGarda, pelanggan tidak hanya bisa melakukan survei kendaraan, tetapi juga memantau proses penerbitan SPK serta progres perbaikan kendaraan secara langsung.
Selama tiga dekade, Garda Oto juga aktif mengkampanyekan keselamatan berkendara lewat gerakan #AlwaysDriveSafely, yang telah melibatkan puluhan ribu masyarakat dari berbagai kalangan. Fokus Garda Oto tak lagi sekadar pada angka, tetapi pada pengalaman peace of mind yang dirasakan para pelanggan hingga menjadikannya sebagai asuransi mobil pilihan dari generasi ke generasi.
Sebagai bagian dari perayaan, Garda Oto juga mengajak jurnalis seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam lomba jurnalistik “Apresiasi Pewarta Asuransi Astra 2025” yang digelar dari Juni hingga September 2025. Informasi lebih lanjut tersedia di situs resmi: asuransiastra.com/apaa2025.