Home > Tips

Tarikan Berat? Ini Racikan CVT Motor Harian Biar Lebih Enteng dan Responsif!

Tips ringan buat kamu yang pengin tarikan mantap di jalanan kota tanpa bikin kantong bolong!
Suasana Servis di Yamaha Mekar Bintaro (Doc. Motoresto).
Suasana Servis di Yamaha Mekar Bintaro (Doc. Motoresto).

MOTORESTO.ID, JAKARTA - Buat banyak pengguna motor matic, performa tarikan yang responsif namun tenaganya tetap ngisi untuk dipake harian adalah impian. Meski bore up adalah opsi, ada yang namanya upgrade CVT, opsi yang lebih praktis dan hemat di dompet. Penasaran dengan racikannya? Yuk simak artikel ini!

Racikan CVT Ideal Harian

Sayangnya, kamu hanya bisa memilih putaran bawah, menengah, atau atas ketika modifikasi CVT. Maka dari itu, kamu harus sesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk harian? Trek trekan? Touring? Nah biar engga bingung, sebaikanya kamu memodifikasi komponen CVT motor matic tidak jauh dari standar pabriknya, untuk menghindari komponen cepat aus.

Contohnya, All New Nmax hadir dengan Roller 13 gram, Per CVT 1.301 RPM, dan Per Sentri 1.200 RPM. Kita mulai dari Roller, lebih baik turun 1-2 gram sehingga akselerasi dapat dan tenaga atas tidak teralu berkurang.

Lanjut ke Per CVT, kamu bisa pilih yang 1.000 RPM biar tenaga makin optimal. Untuk Per Sentri, pakai juga yang 1.000 RPM supaya kampas ganda lebih cepat menggigit dan responsif.

Setelah tahu komponennya, sekarang mari bahas soal budget dan merek yang bisa kamu pilih. Range 300-500 ribu sudah sangat ideal untuk membeli komponen CVT dari merek yang terpercaya dan terbukti performanya, seperti Daytona, TDR, dan masih banyak lagi.

Perawatan CVT & Oli

Baik sudah atau belum modifikasi CVT, jangan pernah abaikan perawatan berkala dan juga mengganti oli. Alangkah baiknya kamu servis CVT tiap satu bulan sekali, apalagi kalau odometer nya bisa keriting tiap bulannya.

Hal ini dilakukan agar komponen-komponen CVT motor kamu bersih dari kotoran yang akan menurunkan performa CVT, terutama kampas ganda dan V-belt akan sering slip dalam kondisi kotor. Dan terakhir, gunakan oli mesin dan gardan sesuai spesifikasi motor.

Pengalaman Pribadi

Pengalaman pribadi menggunakan racikan ini sangat baik, buat Stop n Go masih enak, touring pun sama. Lagi pula, siapa yang mau lari 100 km/h dalam kota? Namun kembali lagi pada karakter berkendara kamu.

Jadi, bila kamu ingin mencoba memodifikasi komponen CVT motor, terutama untuk harian, racikan di atas bisa menjadi acuan atau batu loncatan yang kemudian bisa disesuaikan lagi dengan preferensi kamu. Roller turun 1-2 gram, Per CVT dan Sentri 1.000 RPM ini menjadi andalan banyak pemotor untuk perkotaan bahkan jarak jauh, termasuk saya.

× Image