MV Agusta Rilis F3 Competizione, Apa Kelebihannya?
MOTORESTO.ID, JAKARTA -- MV Agusta, produsen motor asal Italia yang dikenal dengan desain eksklusifnya, kembali menggebrak dunia otomotif dengan meluncurkan F3 Competizione edisi terbatas.
Dikutip dari Motorcyclenews, model F3 RR tiga silinder ini ditawarkan dengan harga £21.700 atau sekitar Rp444 juta. Hanya tersedia 300 unit, motor ini akan dirakit secara eksklusif di pabrik MV Agusta di Varese, Italia.
F3 Competizione membawa peningkatan signifikan dari model F3 RR yang diluncurkan pada 2022. Dilengkapi dengan winglet aerodinamis yang diklaim menghasilkan gaya tekan sebesar 8 kg pada kecepatan sekitar 240 km/jam, Competizione juga didesain lebih ringan hingga 14 kg dibandingkan versi standarnya. MV Agusta melengkapinya dengan berbagai fitur khusus untuk lintasan, termasuk sistem knalpot titanium dari Akrapovič, penutup jok fiberglass, serta sertifikat keaslian.
Pengendara yang menginginkan kenyamanan suspensi akan dimanjakan dengan garpu depan Öhlins NIX30 43mm dan shock belakang Öhlins TTX36, keduanya dapat diatur sepenuhnya sesuai kebutuhan. Selain itu, peredam kemudi Öhlins dengan 19 tingkat pengaturan memberikan kontrol optimal di lintasan balap. Dengan menggunakan roda karbon, massa tak teredam motor ini berhasil dikurangi hingga 3 kg, memberikan manuver yang lebih lincah di sirkuit.
Sistem pengereman yang tangguh turut hadir dengan Brembo radial empat piston di bagian depan dan sepasang cakram 320mm, dilengkapi baterai lithium-ion yang lebih ringan hingga 3 kg. Sistem ini didukung oleh spatbor depan berbahan karbon dan saluran udara pendingin, menciptakan perpaduan optimal antara performa dan estetika.
Didukung mesin tiga silinder 798 cc, F3 Competizione mampu menghasilkan tenaga 157,8 bhp pada 13.500 rpm dengan sistem Akrapovič, memenuhi standar Euro5+ dalam versi jalan raya. Sistem kopling bantu dan slipper sembilan cakram mengurangi tekanan pada tuas kopling hingga 50%, membuat motor ini semakin nyaman dikendarai. Dilengkapi quickshifter naik/turun, Competizione menawarkan pengalaman berkendara yang maksimal tanpa perlu sering menggunakan kopling.
Dari segi elektronik, motor ini dilengkapi IMU enam sumbu dan ECU baru, dengan empat mode berkendara serta delapan tahap kontrol traksi. Fitur throttle ride-by-wire menyediakan kendali jelajah, sementara ABS dapat dinonaktifkan pada bagian belakang saat dalam mode Balap. Bagi yang menginginkan lebih banyak adrenalin, kontrol peluncuran juga tersedia sebagai opsi tambahan.