Home > Aksesoris

Ban Mana yang Cocok untuk Kendaraan Bermotor Anda?

Tidak sedikit masyarakat yang mengganti ban standar dengan berbagai alasan
Berbagai jenis dan model ban dibuat untuk memenuhi berbagai kebutuhan.     dok Motoresto.id
Berbagai jenis dan model ban dibuat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. dok Motoresto.id

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Ban bagi kendaraan bermotor bukan hanya sarana vital dalam berkendara saja, melainkan juga sudah menjadi bagian gaya hidup masa kini. Karena itu di pasara banyak bermunculan beragam model dan jenis ban yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan yang beragam.

Namun, tidak sedikit masyarakat yang mengganti ban kendaraan bermotor mereka dengan ukuran bukan standar pabrik. Selain demi alasan menunjang penampilan, penggunaan ban bukan standar juga dapat mengundang risiko keselamatan dan gangguan dalam berkendara.

Berikut tips sederhana yang perlu diperhatikan saat hendak mengganti ban standar dengan bukan standar untuk kendaraan bermotor yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Ketahui Jenis Ban yang akan Digunakan

Di pasaran terdapat ban biasa (tube type) yang menggunakan ban dalam maupun jenis tubeless. Kendaraan bermotor masa kini umumnya menggunakan ban tubeless yang dianggap lebih aman dan bergengsi. Kedua jenis ban ini memiliki ukuran, model dan kegunaan yang beragam. Jenis tubeless tentunya dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding ban biasa.

2. Beli Ban Sesuai Anggaran dan Kebutuhan

Pilihlah ban sesuai kebutuhan bukan keinginan, disesuaikan dengan rute perjalanan yang biasa dilalui kendaraan bermotor. Harga ban tubeless yang lebih mahal tentunya membutuhkan pertimbangan matang sebelum memutuskan untuk membelinya.

Setiap ban dibuat dari kandungan material yang beragam dan itu akan menentukan kualitasnya. Namun, umumnya harga akan menentukan kualitas yang dimilikinya. Memilih ban yang tidak sesuai dengan ukuran standar beresiko keselamatan di jalan dan juga konsumsi BBM kendaraan.

Tapak ban akan mempengaruhi daya cengkram di jalan,        Dok Motoresto.id
Tapak ban akan mempengaruhi daya cengkram di jalan, Dok Motoresto.id

3. Perhatikan Pola Tapak Ban

Pola tapak ban sangat beragam. Ha ini akan memengaruhi traksi dan kemampuan dalam mengendalikan kendaraan bermotor. Terutama saat melewati jalanan yang licin, bergelombang atau rata. Pastikan pola tapak sesuai dengan kondisi jalan yang sering Anda lalui. Pola tapak akan mempengarhui daya cengkram ban saat melaju etrutama di kecepatan tinggi.

4. Sesuaikan Ban dengan Ukuran Velg

Menggunakan ban sesuai dengan ukuran velg sangat dianjurkan. Selain faktor keselamatan, juga daya cengkram kendaraan saat melaju terutama di kecepatan tinggi, terutama saat melaju di berbagai medan jalan yang beragam.

5. Diskusikan dengan Petugas Bengkel

Tidak ada salahnya berdiskusi dengan petugas di bengkel sebelum memutuskan mengganti ban. Memilih ban yang tepat sesuai kebutuhan akan sangat membantu menyelamatkan diri sediri dan orang lain di jalan raya.

× Image