Home > Gaya Hidup

Daniel Ricciardo Pamit, Liam Lawson Ambil Alih di Sisa Musim Formula 1 2024

Akhir petualangan Ricciardo di Formula 1, digantikan oleh talenta muda Selandia Baru
Daniel Ricciardo Dok. F1
Daniel Ricciardo Dok. F1

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Daniel Ricciardo, pembalap asal Australia, dipastikan akan meninggalkan Red Bull (RB) dan digantikan oleh Liam Lawson dari Selandia Baru untuk enam balapan terakhir musim 2024. Kembalinya Ricciardo ke Formula 1 tahun lalu di Hungaria bersama AlphaTauri sempat membawa harapan, namun perjalanan ini kini berakhir lebih cepat dari yang diharapkan.

Ricciardo, yang mencatatkan delapan kemenangan dan 32 podium dalam 258 Grand Prix sepanjang kariernya, meraih poin dalam lima balapan musim ini, termasuk penampilan impresifnya di Sprint Race Miami dengan finis keempat. Namun, performa keseluruhannya belum cukup untuk meyakinkan Red Bull mempertahankannya. Grand Prix Singapura pekan lalu, di mana Ricciardo finis di posisi ke-18 namun mencetak lap tercepat, menjadi balapan terakhirnya.

Liam Lawson Dok. F1
Liam Lawson Dok. F1

Liam Lawson akan menggantikan Ricciardo mulai dari Grand Prix Amerika Serikat di Austin. Dengan pengalaman balapan untuk tim musim lalu, Lawson akan diukur dengan rekan setimnya, Yuki Tsunoda, yang sedang menikmati musim terbaiknya dan sudah memiliki kontrak untuk musim depan.

“Daniel adalah pembalap yang membawa banyak pengalaman dan semangat tim yang fantastis. Kami akan merindukannya, tapi dia akan selalu menjadi bagian dari keluarga Red Bull.” kata Laurent Mekies, Bos tim Red Bull AlphaTauri.

Masa depan Ricciardo di Formula 1 masih belum pasti, dan kemungkinan untuk kembali ke grid pada musim 2025 semakin tipis. Sementara itu, hanya satu kursi yang tersisa di tim Sauber/Audi, namun Valterri Bottas masih menjadi kandidat kuat untuk mempertahankannya.

Daniel Ricciardo Dok. F1
Daniel Ricciardo Dok. F1
× Image