Home > Gaya Hidup

Hyundai Umumkan Partisipasi di WEC, Siap Bersaing di Kelas Hypercar LMDh

Genesis siap berlaga di ajang World Endurance Championship dengan hypercar baru di kategori LMDh
Dok. hmsgofficial
Dok. hmsgofficial

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Hyundai umumkan keterlibatannya dalam ajang balap dunia seperti World Rally Championship (WRC) dan Touring Car Racing (TCR), kini mengambil langkah baru dengan masuk ke World Endurance Championship (WEC). Hyundai Motorsport, divisi performa dari Hyundai Motor Group, mengumumkan bahwa mereka akan bersaing di WEC melalui merek premium mereka, Genesis.

Langkah ini menandai perluasan aktivitas Hyundai di dunia balap, dari rally dan touring hingga balap ketahanan. Meskipun belum ada kepastian soal kapan tim pabrikan ini akan memulai debutnya, mereka akan berlaga di kategori LMDh (Le Mans Daytona Hypercar), salah satu dari dua kelas teratas di kategori Hypercar WEC. Mobil-mobil LMDh harus menggunakan komponen-komponen yang telah ditentukan, seperti monokok dan suspensi, yang dipasok oleh empat perusahaan yakni, Dallara, Multimatic, Ligier, dan Oreca. Selain itu, sistem hibrida adalah persyaratan wajib dalam kategori ini.

Sementara mobil-mobil di kategori LMDh menggunakan komponen siap pakai, pabrikan diberikan kebebasan untuk memilih mesin pembakaran internal yang digunakan. Meski begitu, komponen seperti kotak persneling dan sistem hibrida distandarkan untuk semua tim.

Dok. Gran Turismo
Dok. Gran Turismo

"Kami telah menganalisis LMDh dengan saksama dan menemukan bahwa itu sangat cocok untuk ambisi balap motor kami dan platform yang berharga untuk mendorong pengembangan teknologi mobilitas masa depan untuk mobil jalan raya. Balap ketahanan menghadirkan peluang yang tak tertandingi untuk memamerkan teknologi canggih Genesis, filosofi desain, dan karakter yang mengutamakan performa di arena yang sangat kompetitif. Proyek ini merupakan bagian dari visi kami yang lebih luas untuk masa depan mobilitas." ungkap Hyundai lewat laman resmi WEC (12/9).

Sejak didirikan pada 2012, Hyundai Motorsport, melalui merek N, telah meraih kesuksesan besar di ajang Kejuaraan Reli Dunia (WRC) dan balap mobil touring spek TCR. Pabrikan asal Korea Selatan ini berhasil mengamankan gelar juara WRC untuk kategori pabrikan pada tahun 2019 dan 2020, serta mencatatkan 31 kemenangan reli individu hingga saat ini. Di dunia balap touring, Hyundai juga sukses mengukir prestasi, dengan merebut empat gelar juara dunia di kompetisi TCR dan mengoleksi 21 gelar juara di tingkat regional dan nasional, dengan total 368 kemenangan balapan di ajang TCR yang diakui.

× Image