Home > Gaya Hidup

Leclerc Raih Pole di GP Azerbaijan untuk Keempat Kalinya Berturut-turut

Kualifikasi Grand Prix Azerbaijan, Leclerc Unggul, Ferrari Siap Hadapi Tantangan
Dok. F1
Dok. F1

MOTORESTO.ID, AZERBAIJAN -- Pembalap Ferrari Charles Leclerc kembali menunjukkan performa impresif dengan meraih pole position di Grand Prix Azerbaijan untuk keempat kalinya berturut-turut. Dalam sesi kualifikasi hari Sabtu, Leclerc mengungguli pembalap McLaren, Oscar Piastri, dan rekan setimnya di Ferrari, Carlos Sainz.

Leclerc, yang juga mencetak waktu tercepat di Sirkuit Kota Baku pada tahun 2021, 2022, dan 2023, tampil gemilang di fase Q3 dengan selisih tiga persepuluh detik di depan Piastri. Rekan setimnya, Sainz, juga tampil solid dengan selisih waktu hanya satu persepuluh detik di belakang Piastri.

“Saya sangat menyukai trek ini, ini salah satu favorit saya,” ujar Leclerc seusai kualifikasi.

Meski ia sempat mengalami kecelakaan di FP1 dan masalah teknis di FP2, ia tetap percaya diri. Mobil terasa sangat bagus di Q3 dan berhasil mencatatkan waktu terbaik.

Meski tampil dominan di sesi kualifikasi, Leclerc belum pernah meraih kemenangan di Baku. Pada balapan sebelumnya, Red Bull mendominasi trek Azerbaijan selama tiga musim berturut-turut, sementara Leclerc finis terbaik di posisi ketiga pada 2023. Pembalap asal Monako itu berharap untuk mengubah pole position kali ini menjadi kemenangan perdananya di sirkuit tersebut.

“Ini adalah lintasan yang cukup menantang bagi saya, tetapi berada di P3 adalah hasil yang baik. Kecepatan balapan kami tampaknya cukup kuat, jadi kami berada dalam posisi yang baik untuk besok,” kata Carlos Sainz.

Dengan dua Ferrari di barisan depan, tim Kuda Jingkrak berharap bisa memanfaatkan momentum ini untuk meraih hasil maksimal, terutama dengan tersingkirnya Lando Norris di Q1 dan start di posisi P4 serta P6 untuk Sergio Perez dan Max Verstappen dari Red Bull.

× Image