Home > Mobil

Acura Siapkan Penerus NSX dengan Tenaga Listrik

Acura Mengonfirmasi Proyek Mobil Sport Terbaru Tanpa Mesin Hibrida, Siap Diluncurkan pada 2027 atau 2028
Dok. Motor1
Dok. Motor1

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Acura mengakhiri produksi NSX pada tahun 2022, berbagai rumor beredar namun belum ada informasi pasti yang muncul hingga saat ini. Namun, seorang eksekutif Acura mengonfirmasi bahwa proyek baru dengan DNA NSX sedang dalam pengembangan. Berbeda dari model sebelumnya yang dikenal rumit karena teknologi hibridanya, iterasi terbaru ini dipastikan tidak akan mengusung mesin hibrida.

Dikutip dari Carscoop, Setahun lalu Acura sempat membocorkan konsep mobil super listrik mereka yang diberi nama Electric Vision Design Study. Namun, pada saat itu, konsep tersebut masih dalam tahap awal dan tidak ada informasi detail mengenai spesifikasi mesin atau rencana produksi. Kini, Acura mulai membuka lebih banyak detail tentang masa depan mobil sport mereka.

"Kami akan memperkenalkan model sport [baru] pada tahun 2027 atau 2028. Kami mungkin tidak menyebutnya NSX, tetapi ini adalah kendaraan tipe NSX." kata Shinji Aoyama, Wakil Presiden Eksekutif Global Acura ke wartawan, di Monterey Car Week.

Meskipun belum ada kepastian bahwa mobil ini akan diberi nama NSX, pernyataan ini mengindikasikan bahwa penerus spiritual NSX tengah dipersiapkan.

Berbeda dari generasi sebelumnya yang menggabungkan tenaga gas dan listrik, mobil terbaru ini akan sepenuhnya bertenaga listrik. Meskipun langkah ini mungkin tidak disukai semua kalangan, namun sejalan dengan tujuan Acura untuk mengarahkan fokus pada elektrifikasi. Selain itu, Acura berkomitmen untuk menjaga mobil ini tetap ringan dan ramping, sesuai dengan tradisi performa mereka.

“Kami mencoba membuat platform yang lebih tipis dari kendaraan lain yang sudah ada, termasuk dimensi baterai, sehingga dapat mewujudkan kendaraan dengan ketinggian yang lebih rendah dan ruang kabin yang lebih besar.”

Banyak produsen mobil menghadapi tantangan dalam menyeimbangkan penggunaan baterai dan motor listrik dalam kendaraan listrik mereka. Contohnya, BMW M5 terbaru memiliki bobot yang sama dengan Ford F-150. Acura berupaya menjaga agar penerus NSX ini tetap ringan dan ramping untuk memastikan performa dan dinamika berkendara yang sejalan dengan sejarah panjang mereka.

× Image