Home > Bisnis

GoFood Perkuat Dukungan untuk UMKM Kuliner dengan Pojok Belajar

KOMPAG Hadirkan Program Edukasi untuk Dorong Pertumbuhan Bisnis Kuliner
Dok. GoFood
Dok. GoFood

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- GoFood, layanan pesan-antar makanan online dari Gojek, unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO), semakin mempertegas komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia. Terbaru, GoFood menghadirkan Pojok Belajar di bawah naungan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) untuk mendorong UMKM naik kelas.

“Lima tahun berlalu, KOMPAG telah tumbuh menjadi salah satu komunitas pelaku UMKM kuliner terbesar se-Indonesia. Jumlah anggota kami telah meningkat hampir 4,5 kali lipat menjadi 212.000 anggota aktif di 80 kota di Indonesia. Ini menunjukkan adanya minat yang tinggi di antara para pelaku UMKM digital untuk mencari ilmu serta relasi melalui keikutsertaan dalam komunitas.” jelas Felicia Natalie Wijaya, Head of Merchant Marketing Gojek.

Berdasarkan hasil studi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) pada 2024, kurangnya keterampilan dalam menggunakan platform digital menjadi tantangan bagi 83,46% pelaku usaha. Hal ini menimbulkan kebutuhan yang kian mendalam akan akses edukasi serta networking bagi para pelaku UMKM.

GoFood telah menyadari kebutuhan tersebut sejak 2019, yang kemudian menjadi landasan utama didirikannya KOMPAG. Melalui KOMPAG, GoFood terus meningkatkan perannya sebagai sarana edukasi dan networking bagi para Mitra Usaha GoFood. KOMPAG secara rutin memberikan edukasi melalui Facebook Page serta podcast NGOPI, yang selama tujuh bulan terakhir telah ditonton lebih dari 380.000 kali.

Felicia menyampaikan tiga program andalan KOMPAG di 2024 untuk mengakomodir tingginya minat tersebut.

Pertama, Webinar NGOPI, yang merupakan kegiatan berbagi ilmu secara online antar Mitra Usaha GoFood. Webinar NGOPI diadakan rutin sebanyak dua kali dalam sebulan.

Mingan, pemilik UMKM Ayam Geprek Express sekaligus Wakil Ketua KOMPAG Bogor, rutin membagikan pengalamannya dalam Webinar NGOPI.

“Sejak membangun usaha di 2020, saya sudah aktif bergabung dan menyerap ilmu dari Facebook Page KOMPAG dan Webinar NGOPI. Empat tahun berjalan, omzet bisnis saya telah mengalami peningkatan hingga 5 kali lipat,” tutur Mingan.

Kedua, KOMPAG Kopdar yang mempertemukan ratusan Mitra Usaha GoFood dengan manajemen GoFood secara tatap muka. Kegiatan rutin ini diadakan setiap bulan dengan cakupan peserta terbesar, berperan sebagai sarana berbagi ilmu dan networking yang efektif bagi para Mitra Usaha.

Ketiga, Pojok Belajar, merupakan sesi berbagi ilmu dan pengalaman secara tatap muka langsung dan lebih intensif antar Mitra Usaha GoFood. Diadakan mulai awal tahun 2024, Pojok Belajar telah aktif diadakan sebulan sekali di enam kota, yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Solo, dan Denpasar.

Ihdal, pemilik UMKM Ayam Bakar & Soto Betawi Ibu Titin, menyampaikan antusiasmenya dalam berbagi ilmu serta pengalaman secara intensif pada para pemilik UMKM lainnya.

“Setelah bergabung dengan GoFood dan KOMPAG, alhamdulillah usaha saya kini telah memiliki enam cabang dan membuka lapangan kerja bagi puluhan karyawan. KOMPAG itu membuat pemilik usaha merasa tidak sendirian dan merasa punya support system,” jelas Ihdal.

Dampak kegiatan KOMPAG dan GoFood secara keseluruhan juga terlihat dari hasil riset terbaru LPEM FEB UI di 2024 yang menunjukkan kegiatan akomodasi makanan dan minuman dari layanan GoFood telah berkontribusi hingga Rp 19,68 triliun atau mencapai 3,7% terhadap PDB Indonesia 2023.

× Image