Home > Mobil

Fiat Luncurkan Panda EV, Mulai dari Rp 440 Juta

Fiat Panda EV Revolusi Listrik dengan Harga Terjangkau
Dok. Reuters
Dok. Reuters

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Fiat mengumumkan peluncuran versi full listrik (EV) dari model Panda terbaru dengan harga kurang dari 25.000 euro ($27.000), di bawah naungan Stellantis (STLAM.MI). Pengumuman ini disampaikan pada perayaan ulang tahun ke-125 Fiat di Turin, kota asal merek tersebut. Acara tersebut dihadiri oleh CEO Fiat, Olivier Francois, serta CEO Stellantis Carlos Tavares, dan Ketua John Elkann. Menteri Perindustrian Italia, Adolfo Urso, juga hadir sebagai tamu kejutan di tengah ketegangan antara pemerintah Italia dan Stellantis.

Fiat Panda terbaru akan diproduksi di Serbia dan bergabung dengan jajaran EV berbiaya rendah Stellantis, termasuk Citroen e-C3. Model-model ini bertujuan untuk membuat mobilitas listrik lebih terjangkau bagi pelanggan Eropa. "Keterjangkauan bukanlah hal yang opsional bagi Fiat," kata Francois dalam pidatonya.

Selain versi full listrik, Fiat Panda baru juga akan tersedia dalam versi hibrida dengan harga kurang dari 19.000 euro. Pengiriman diharapkan dimulai antara Oktober dan November untuk versi EV, sementara versi hibrida akan menyusul beberapa bulan kemudian.

Peluncuran Panda EV menandai langkah pertama dalam rencana besar Fiat untuk memperbarui jajaran produknya, dengan fokus baru pada segmen kendaraan yang lebih besar. Hingga 2027, Fiat berencana meluncurkan tiga model tambahan setiap tahunnya, yaitu sebuah pick-up, fastback, dan SUV kecil. Model-model ini akan bersaing dengan kendaraan populer seperti Renault Dacia Duster dan akan menggunakan platform Mobil Pintar multi-energi berbiaya rendah milik Stellantis.

× Image