Home > Gaya Hidup

Verstappen Kembali Juara Sprint Kualifikasi di GP Austria

Verstappen menang Sprint di Austria, kalahkan Piastri dan Norris
Dok. F1
Dok. F1

MOTORESTO.ID, AUSTRIA -- Pembalap Red Bull, Max Verstappen, berhasil mengubah posisi terdepan menjadi kemenangan dalam Sprint di Grand Prix Austria. Ia mengalahkan dua pembalap McLaren, Oscar Piastri dan Lando Norris, melalui pertarungan roda-ke-roda yang menegangkan.

Verstappen mempertahankan keunggulannya di awal balapan, meski sempat terancam oleh Norris yang berhasil naik ke posisi P1. Namun, sang juara dunia bertahan segera merebut kembali posisi terdepan, diikuti oleh Piastri yang menyalip Norris.

Di belakang mereka, George Russell dan Lewis Hamilton dari Mercedes bersaing dengan Carlos Sainz dari Ferrari, diikuti oleh Charles Leclerc dan Sergio Perez yang sedang dalam masa pemulihan.

Format baru musim 2024 menentukan grid untuk Sprint 100 km, dengan poin diberikan kepada delapan pembalap teratas. Verstappen memenangkan balapan dengan waktu 26:41.389, diikuti oleh Piastri dan Norris yang terpaut beberapa detik.

Sesi Kualifikasi Sprint pada Jumat sore menetapkan grid, di mana Alex Albon dipindahkan dari posisi ke-19 ke pit lane karena penyesuaian set-up pada Williams-nya. Semua pembalap memulai balapan dengan ban medium C4.

Setelah start yang dibatalkan, Verstappen memimpin di Tikungan 1, sementara Norris bertahan dari serangan Piastri. Sainz menyalip Russell di Tikungan 4, sementara Hamilton bertahan di posisi keenam.

Pada Lap 5, Norris sempat memimpin setelah menyalip Verstappen di Tikungan 3, namun Verstappen segera merespons dengan manuver di Tikungan 4. Piastri berhasil melewati Norris dan mempertahankan posisi hingga akhir balapan.

Dengan kemenangan ini, Verstappen memperlebar keunggulannya di klasemen kejuaraan, unggul 71 poin dari Norris dan enam poin dari Leclerc. "Setelah DRS terbuka, sangat sulit untuk keluar dari situ," kata Verstappen. "Kami harus bekerja keras untuk ini, dan beberapa hal perlu dipikirkan untuk balapan besok yang lebih panjang."

Hasil Sprint Grand Prix Austria 2024:

1. Max Verstappen (Red Bull) - 26:41.389, 8 poin

2. Oscar Piastri (McLaren) - +4.616 detik, 7 poin

3. Lando Norris (McLaren) - +5.348 detik, 6 poin

4. George Russell (Mercedes) - +8.354 detik, 5 poin

5. Carlos Sainz (Ferrari) - +9.989 detik, 4 poin

× Image