Home > Mobil

Porsche Penske Motorsports Kunci Pole Position Le Mans 24 Hours

Porsche akan memulai balapan dari posisi terdepan di Le Mans 24 Jam akhir pekan ini setelah mendominasi sesi kualifikasi

MOTORESTO.ID LE MANS - Porsche akan memulai balapan dari posisi terdepan di Le Mans 24 Jam akhir pekan ini setelah mendominasi sesi kualifikasi di sirkuit terkenal di wilayah Sarthe, Prancis, pada hari Kamis.

Pabrikan Jerman ini, yang mencari gelar Le Mans pertama mereka sejak tahun 2017, berhasil mengungguli dua mobil Cadillac untuk menempati baris terdepan grid dengan mobil nomor enam mereka.

Pembalap Prancis, Kevin Estre, menjadi yang tercepat untuk meraih pole position yang akan dimulai oleh ikon sepak bola Prancis, Zinedine Zidane, pada pukul 1400GMT Sabtu nanti. Estre akan berbagi kemudi dengan Andre Lotterer dari Jerman dan Laurens Vanthoor dari Belgia.

Porsche Penske Motorsports dalam selebrasi hyperpole. DOK. PORSCHE PRESS ROOM
Porsche Penske Motorsports dalam selebrasi hyperpole. DOK. PORSCHE PRESS ROOM

Di posisi kedua dalam sesi kualifikasi 'hyperpole' Kamis itu adalah mobil Cadillac nomor dua dengan Earl Bamber dari Selandia Baru, Briton Alex Lynn, dan Alex Palou dari Spanyol bergantian mengemudikan mobil.

Namun, mereka mendapat hukuman grid turun lima tempat karena menyebabkan kecelakaan di Spa-Francorchamps pada bulan Mei.

Hal ini membuat mobil Cadillac nomor tiga dengan pembalap Prancis Sebastien Bourdais, Renger van der Zande dari Belanda, dan Scott Dixon dari Selandia Baru naik ke posisi kedua.

Ferrari, juara tahun lalu dalam kembali mereka ke acara yang menarik ratusan ribu penggemar balap motor setiap tahun, memulai balapan dari posisi ketiga dan keempat. Alpine, dengan pembalap Formula Satu mereka Pierre Gasly menyaksikan dari pit, menempati posisi kelima di depan BMW dan Cadillac yang turun grid.

Porsche termasuk di antara favorit untuk meraih edisi ke-92 dengan tim enam mobil mereka berkompetisi di kategori hypercar elit. Selain Porsche, Cadillac, Ferrari, dan Alpine, ada juga tim dari Toyota yang meraih lima kemenangan beruntun antara tahun 2018 dan 2022, serta BMW, Lamborghini, dan Peugeot. Ini adalah pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir balapan sejarah ini menarik minat sembilan pembuat mobil.

× Image