Home > Mobil

All-New Agya GR Sport Dominasi Seri Pertama Kejurnas MLDSPOT Autokhana 2024

All-New Agya GR Sport dominasi podium Kelas F pada Kejurnas Slalom 2024 Seri Pertama.
Dok. TAM
Dok. TAM

MOTORESTO.ID, PURWOKERTO -- All-New Agya GR Sport memulai debutnya di musim slalom tahun ini dengan mengantarkan pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) mendominasi podium bergengsi Kelas F pada Kejurnas MLDSPOT Autokhana 2024 Seri Pertama. Ajang ini digelar di GOR Satria, Purwokerto, pada Sabtu (8/6). Hatchback sporty ini juga meraih prestasi dengan menempati podium ketiga Kejurnas Team A, podium pertama Kejuaraan Team F, podium ketiga Kejurnas Tandem, dan podium pertama Kejuaraan Wanita.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengucapkan selamat kepada tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia yang berhasil menempatkan tiga pembalap di posisi teratas Kelas F pada Kejurnas MLDSPOT Autokhana 2024 Seri Pertama.

Ia menjelaskan bahwa setelah menjalani masa pelatihan tahun lalu untuk meningkatkan performa, kini All-New Agya GR Sport sudah siap bertanding dan langsung membawa pembalap TGRI meraih hasil maksimal di kelas bergengsi tersebut. Ia berharap prestasi membanggakan ini dapat berlanjut ke seri berikutnya, termasuk untuk kelas lain yang masih memerlukan pengembangan agar daya saing hatchback sporty ini semakin meningkat di musim balap 2024.

TGRI memasuki Kejurnas Slalom tahun ini dengan membawa beberapa gelar juara nasional 2023, yakni Juara Nasional Kejurnas F (Modifikasi), Team A, dan Tandem, ditambah Juara Nasional Kedua Kejurnas A (Standar). Prestasi membanggakan tersebut diraih bersama Toyota Agya yang telah berkompetisi sejak tahun 2021.

Dengan livery mobil baru, TGRI berpartisipasi di ajang slalom nasional dengan mengandalkan All-New Agya GR Sport. Hatchback terbaru ini dipercaya melanjutkan perjuangan Toyota Agya di event balap yang sangat digemari anak muda ini, setelah melewati tahap uji performa bersama pembalap Herdiko Setyaputra pada Kejurnas Slalom 2023.

Langsung menunjukkan chemistry yang kuat bersama All-New Agya GR Sport, Adrianza Yunial berhasil meraih podium pertama Kelas F (Modifikasi) dengan catatan waktu tercepat 00:41.718 di babak final. Rekan setimnya, Anjasara Wahyu, mengikuti di posisi kedua dengan catatan waktu 00:41.954. Herdiko Setyaputra yang tahun lalu fokus pada pengembangan hatchback ini, menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 00:42.785. Dengan total waktu 03:53.248, pembalap TGRI berhasil memuncaki podium Kejuaraan Team F.

Di Kelas A, meskipun mobil hanya berada di Kelas A3 yang mengharuskan spesifikasi mobil standar, lebih rendah dibandingkan kompetitor yang rata-rata berada di Kelas A1, All-New Agya GR Sport tetap menunjukkan keandalannya. Kolaborasi Anjasara, Adrianza, dan Herdiko menempatkan TGRI di podium ketiga Kejurnas Team A dengan total waktu 04:06.532.

Hujan yang sempat mengguyur Purwokerto memberikan tantangan tambahan bagi peserta slalom karena lintasan balap menjadi licin. Di Kelas Tandem, kolaborasi antara Anjasara dan Adrianza membawa TGRI menempati podium ketiga Kejurnas Tandem dengan total waktu 01:28.105. Comeback setelah tidak mengikuti ajang balap nasional tahun lalu, pembalap Alinka Hardianti segera menyatu dengan All-New Agya GR Sport dan meraih podium pertama Kelas Wanita.

"Engineer TGRI berhasil mengembangkan All-New Agya GR Sport menjadi mobil balap yang mampu memberikan performa optimal meskipun karakter mengemudi pembalap berbeda-beda, termasuk beradaptasi dengan karakter sirkuit di Purwokerto sebagai benchmark pengembangan performa ke depannya. Semoga hasil positif ini menjadi penyemangat TGRI agar konsisten tampil all-out untuk meraih kemenangan di seri berikutnya," terang Pembalap TGRI, Adrianza Yunial.

Hiroyuki Oide, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), menyatakan apresiasinya terhadap kemampuan para engineer dan pembalap TGRI dalam mengembangkan mobil balap All-New Agya GR Sport. Kerja keras mereka terbukti dengan meraih tiga podium di Kelas F pada Kejurnas MLDSPOT Autokhana 2024 Seri Pertama. Ia berharap prestasi positif ini akan terus berlanjut di seri-seri berikutnya dengan target mempertahankan gelar juara nasional. Selain itu, Oide juga berharap bahwa prestasi ini dapat memberikan tontonan menarik bagi lebih banyak orang, sesuai dengan visi mereka untuk menyebarkan keseruan dan kegembiraan dari GR (GAZOO Racing).

× Image