Home > Mobil

Dua Pabrik Mobil China Ini Berkolaborasi Hadapi Produk Tesla

Luxeed S9 sebelumnya terlihat di Tiongkok beberapa kali selama uji jalan
Tampak Luxeed S9      dok Huawei
Tampak Luxeed S9 dok Huawei

MOTORESTO.ID,BEIJING--Apa yang akan terjadi bila dua pabrikan mobil China berkolaborasi menciptakan mobil listrik pesaing Tesla. Hal itu dibuktikan Chery dan Huawei yang berkolaborasi menghasilakan SUV coupe Luxeed S9.

Mobil sport yang dibanrol di kisaran harga 300.000 – 400.000 yuan (41.900 – 55.200 USD) atau sekitar Rp 893 juta lebih ini diposisikan sebagai pesaing Tesla Model Y. Luxeed S9 berdiri di atas arsitektur modular E0X dari Chery. Mobil Ini akan memasuki pasar pada H2 2024 dan akan dijual di toko Harmony Intelligent Mobility Alliance (HIMA) yang merupakan aliansi mobil asal Tiongkok.

Dalam keterangannya Huawei bertindak sebagai pemasok suku cadang dan perangkat lunak, sementara Chery menyediakan arsitektur modular dan menangani produksinya. Huawei juga bertanggung jawab untuk menjual mobil Luxeed di toko-toko utamanya dan jaringan toko HIMA (Harmony Intelligent Mobility Alliance) yang dibuat khusus.

Luxeed S9 sebelumnya terlihat di Tiongkok beberapa kali selama uji jalan. Kini, model ini telah dirilis dalam foto mata-mata resmi. Mobil dalam gambar ditutupi dengan kamuflase tebal. Namun, S9 mengadopsi bahasa desain Luxeed S7 dan Aito M9.

Menurut laman Carnewschina, Luxeed S9 berdiri di atas disain modular E0X yang dirancang Chery. Ini mendukung sistem tegangan tinggi silikon karbida 800V. Besar kemungkinan S9 akan mengadopsi powertrain sedan S7. Varian RWD-nya memiliki e-motor 215 kW (288 hp). Dan trim 4WD menawarkan tenaga 365 kW (489 hp). Luxeed S9 akan memiliki tiga baterai opsional: LFP untuk 62 kWh, M3P (NMC+LFP) untuk 82 kWh, dan NMC untuk 100 kWh.

Jajaran model Luxeed saat ini baru berupa sedan S7. Ini pertama kali diluncurkan di China pada November tahun lalu. Namun, Chery tampaknya belum siap menyediakan volume produksi yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Hanya setelah beberapa penyesuaian di lokasi produksi dan peluncuran ulang model, volume penjualan Luxeed S7 mulai meningkat. Untuk lebih jelasnya, pada bulan April tahun ini, Huawei mengirimkan lebih dari 5.000 unit sedan sporty ini.

Bagian depan Luxeed S9 memiliki lampu depan LED tipis yang dipadukan dengan strip lampu. Fitur lainnya adalah ujung depan tertutup, saluran masuk udara berbentuk trapeze dengan radar gelombang milimeter 4D terintegrasi, dan garis kap mesin yang miring.

S9 memilih menggunakan ban R 20 Pirelli Scorpion 255/50. Atapnya memiliki tonjolan yang terlihat jelas, dan itu adalah sensor LiDAR buatan Huawei. Spatbor depannya juga memiliki dua sensor Huawei.

Dari bagian belakang, Luxeed S9 mengadopsi unit lampu belakang LED tunggal yang sebagian ditutupi kamuflase. Ia juga memiliki bumper belakang plastik glossy. Pintu bagasinya terdapat spoiler ducktail yang menambah kesan sporty pada tampilan SUV coupe ini. Fitur lain dari Luxeed S9 adalah gagang pintu yang dapat dibuka, kaca spion konvensional, dan sunroof berukuran besar guna menambah kesan kendaraan premium.

× Image