Home > Gaya Hidup

Bentrok Gasly dan Ocon di F1 GP Monako, Alpine Ambil Tindak Tegas

Ada kemungkinan Esteban Ocon akan diskors oleh tim Alpine untuk satu akhir pekan sebagai tindakan tegas dalam menanggapi insiden tersebut.
Dok. F1
Dok. F1

MOTORESTO.ID, MONACO -- Grand Prix Monaco 2024 diwarnai insiden bentrokan antara dua pembalap Alpine, Pierre Gasly dan Esteban Ocon, di lap pembuka. Gasly mengungkapkan rasa frustrasinya atas insiden yang “seharusnya tidak terjadi” setelah ia dan Ocon bertabrakan di tikungan Portier.

Ocon mencoba melakukan manuver agresif di bagian dalam sudut Portier, namun mereka berdua membenturkan roda yang membuat mobil Ocon meluncur ke atas mobil Gasly, menyebabkan kerusakan pada kedua mobil. Meskipun Gasly akhirnya dapat melanjutkan balapan dan finis di posisi ke-10, Ocon terpaksa mundur dan menerima penalti waktu 10 detik dari steward, yang merasa dia “sepenuhnya harus disalahkan”. Penalti tersebut akan diterjemahkan menjadi penalti grid lima tempat untuk balapan berikutnya di Kanada.

Setelah insiden tersebut, Ocon menggambarkan insiden itu sebagai “disayangkan” dan melalui media sosial, ia meminta maaf kepada tim.

“Kejadian hari ini adalah kesalahan saya, gap pada akhirnya terlalu kecil dan saya meminta maaf kepada tim yang satu ini,” ujar Ocon.

Gasly merasakan campuran perasaan lega dan kecewa. “Saat ini, saya harus mengatakan saya sangat senang dan sangat lega untuk seluruh tim,” kata Gasly.

“Kami tahu Monaco adalah tempat di mana akan ada peluang, meski kami kesulitan dengan mobil sejak awal tahun.”

“Saya tidak ingin menjelaskan terlalu banyak detail, tapi hal ini tidak boleh terjadi,” tambahnya.

Tindakan Tegas dari Tim Alpine

Berdasarkan pernyataan Bos Alpine, Bruno Famin, kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa tim akan mengambil tindakan lebih lanjut sebagai respons terhadap insiden yang terjadi. Famin menyatakan bahwa mereka sangat sedih melihat kejadian tersebut dan bahwa serangan yang dilakukan oleh Esteban adalah di luar kendali.

Famin menegaskan bahwa tim akan membuat keputusan sulit untuk mencegah insiden serupa di masa depan. Ada kemungkinan Ocon akan diskors untuk satu akhir pekan, dengan pembalap junior seperti Jack Doohan atau Mick Schumacher menjadi pengganti.

× Image