Home > Mobil

Charles Leclerc Raih Juara di GP Monako di Tengah Drama Kecelakaan Duo Haas di Lap Pertama

Tabrakan besar di GP Monaco Perez, Magnussen, dan Hulkenberg keluar balapan akibat insiden lap pertama.
Dok. F1
Dok. F1

MOTORESTO.ID, MONAKO -- Charles Leclerc akhirnya meraih kemenangan di Grand Prix Monaco 2024 setelah menjalani balapan yang tenang dan konsisten di depan pendukung tuan rumah. Meskipun drama besar terjadi di awal lomba, pembalap Ferrari ini tetap fokus dan berhasil mengamankan posisi teratas.

Bendera merah dikibarkan bahkan sebelum lap pertama selesai setelah tabrakan hebat melibatkan Sergio Perez dari Red Bull dan dua mobil Haas yang dikendarai Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg. Insiden ini membuat ketiga pembalap harus keluar dari balapan dan menyebabkan dinding pembatas rusak parah.

Dok. F1
Dok. F1

Setelah restart, Leclerc memimpin dengan bersih. Drama kembali terjadi saat Esteban Ocon dari Alpine terpaksa mundur setelah kontak berat dengan rekan setimnya, Pierre Gasly, pada lap pertama. Strategi balapan menjadi fokus utama dengan pertanyaan apakah mobil-mobil terdepan akan masuk pit atau tidak.

Leclerc tetap tenang sepanjang balapan dan berhasil mempertahankan posisinya di depan para pesaingnya, meraih kemenangan pertamanya di jalanan Monte Carlo. Ini mengalahkan hasil terbaiknya sebelumnya yang hanya mencapai posisi keempat.

Leclerc melewati garis finis tujuh detik di depan Oscar Piastri dari McLaren, yang juga tampil mengesankan dan berhasil menahan tantangan dari Carlos Sainz. Sainz, yang membuat Ferrari mendapatkan podium ganda dengan finis di posisi ketiga, diikuti oleh Lando Norris dari McLaren di posisi keempat.

George Russell memimpin Mercedes di urutan kelima, menahan Max Verstappen yang mengalami akhir pekan yang sulit. Lewis Hamilton menyusul di urutan ketujuh. Yuki Tsunoda finis di urutan kedelapan untuk Red Bull, sementara Alex Albon dan Pierre Gasly masing-masing mencetak poin pertama mereka tahun ini untuk Williams dan Alpine.

Fernando Alonso hanya berhasil finis di posisi ke-11 untuk Aston Martin, sementara Daniel Ricciardo di posisi ke-12 untuk Red Bull. Valtteri Bottas memimpin Kick Sauber di posisi ke-13. Lance Stroll dan Logan Sargeant masing-masing finis di posisi ke-14 dan ke-15 setelah mengalami masalah teknis.

Zhou Guanyu menjadi pembalap terakhir yang finis di posisi ke-16. Esteban Ocon, Perez, Magnussen, dan Hulkenberg menjadi pembalap yang tidak dapat melanjutkan balapan setelah insiden dramatis di lap pertama.

Dok. F1
Dok. F1
× Image