Ini Regulasi Baru Yang Akan Diterapkan di MotoGP 2027 Mendatang
MOTORESTO.ID, JAKARTA -- MotoGP akan memperkenalkan motor baru mulai tahun 2027, dengan peraturan yang ditetapkan untuk membuat olahraga ini lebih aman, berkelanjutan, dan bahkan lebih spektakuler. Mesin-mesin baru ini akan lebih relevan di jalan raya dan lebih efisien, mendukung keberlanjutan global, dan dirancang untuk menciptakan balapan yang lebih baik dan lebih banyak lagi menyalip.
Mesin Lebih Kecil dan Efisien
Mulai tahun 2027, ukuran mesin akan dikurangi dari 1000cc menjadi 850cc. Perubahan ini akan menurunkan kecepatan tertinggi, membuat olahraga lebih aman, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Lubang maksimum mesin akan berkurang dari 81 menjadi 75 milimeter, yang juga akan membatasi performa. Jumlah maksimum mesin yang diperbolehkan untuk setiap pembalap dalam satu musim juga akan dikurangi dari tujuh menjadi enam, meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan.
Bahan Bakar Ramah Lingkungan
MotoGP™ akan berlomba dengan 100% bahan bakar ramah lingkungan mulai tahun 2027, meningkat dari minimal 40% yang digunakan sejak tahun 2024. Kapasitas tangki bahan bakar juga akan dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter, dengan pengendara diperbolehkan menggunakan 11 liter selama Tissot Sprint. Ini adalah langkah besar menuju keberlanjutan yang lebih baik dalam olahraga balap motor.
Aerodinamika yang Diperketat
Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol lebih ketat mulai tahun 2027. Lebar bagian atas fairing depan akan lebih sempit 50mm dan hidung akan didorong ke belakang 50mm, mengurangi efek aero di area yang penting seperti jalan lurus dan area pengereman. Aero di bagian belakang pengendara akan menjadi bagian dari homologasi, dengan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim untuk mengendalikan biaya.
Penghapusan Perangkat Ride-Height dan Holeshot
Semua perangkat ride-height dan holeshot akan dilarang mulai tahun 2027. Ini akan mengontrol performa dan membuat olahraga lebih aman, terutama saat balapan dimulai. Pelarangan ini juga akan meningkatkan pentingnya skill pembalap, memberikan aksi balapan yang lebih menegangkan.
Data GPS untuk Semua Tim
Untuk menyamakan kedudukan, data GPS dari semua pembalap akan tersedia untuk semua tim setelah setiap sesi. Memberikan data ini kepada seluruh kompetitor menawarkan peluang kemajuan yang lebih baik bagi tim dan pembalap dengan performa kurang, serta meningkatkan tingkat wawasan yang tersedia bagi para penggemar di seluruh dunia.
Sistem Konsesi yang Diperbarui
Sistem konsesi saat ini akan terus berlanjut dengan beberapa pembaruan. Mulai 2027, semua pabrikan akan memulai musim di Peringkat B. Mereka kemudian akan dinilai lagi pada pertengahan musim dan dapat mengubah peringkat naik atau turun. Sistem reaktif ini akan menjaga persaingan tetap ketat sejak hari pertama era baru.