Home > Bisnis

Investasi 120 Juta USD, Sunra Resmi Bangun Pabrik Motor Listrik Terbesar di Indonesia

Sunra Resmi Bangun Pabrik Motor Listrik Terbesar di Kendal, Jawa Tengah, dengan Investasi 120 Juta USD
Dok. Sunra
Dok. Sunra

MOTORESTO.ID, KENDAL -- Sunra Asia Pasific Hi-Tech (Sunra Indonesia) memulai pembangunan pabrik sepeda motor listrik terbesar di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah. Pada upacara peletakan batu pertama yang diadakan pada Jumat (3/5), Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Indonesia, Dr. Ir. Taufik Bawazier, M. Si, mewakili Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Total investasi mencapai 120 juta Dolar AS, menandai dukungan terhadap perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia. Sunra Indonesia telah berinvestasi di pasar Indonesia sejak 2023, dengan skala investasi terbesar di industri sepeda motor listrik roda dua.

Zhang Chongshun, Chairman Sunra Group, menyatakan bahwa pembangunan pabrik Sunra di Indonesia bertujuan untuk menjamin kualitas produk dan layanan purna jual yang lebih baik. Hal ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 43,20% pada tahun 2030.

“Kami berharap dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap program pemerintah dan mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.” katanya

Pembangunan pabrik Sunra Indonesia di atas lahan seluas 12,7 hektar direncanakan selesai dalam dua tahap, dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 1 juta kendaraan listrik roda dua. Pabrik ini diharapkan menjadi katalisator transformasi industri kendaraan bermotor di Indonesia.

Pembangunan pabrik Sunra Indonesia tidak hanya akan meningkatkan investasi dalam negeri dan pasokan kendaraan ramah lingkungan, tetapi juga membuka peluang lapangan kerja baru, diperkirakan menyerap 1.500 tenaga kerja lokal.

× Image