Home > Gaya Hidup

Lima Orang Terluka ditabrak Oleh Mobil Listrik di Sebuah Pameran Otomotif

Kecelakaan itu bukan akibat kesalahan pada mobil yang melaju

MOTORESTO.ID, TIONGKOK -- Insiden tersebut terjadi di Pameran Kendaraan Energi Baru Internasional Nanjing 2024 di mana crossover Extreme Krypton X buatan Zeekr dipajang bersama kendaraan listrik lainnya. Media Tiongkok melaporkan bahwa kendaraan listrik tersebut tiba-tiba melaju ke depan, bertabrakan dengan beberapa pengunjung pameran, menyebabkan dua di antara mereka memerlukan perhatian medis.

Rekaman video yang diambil di tempat kejadian dan disiarkan oleh stasiun berita Tiongkok menunjukkan sebuah mobil X berwarna abu-abu tua dengan hidungnya menempel di sisi sedan putih, tampaknya telah melakukan kontak dengan setidaknya dua mobil lain sebelum melakukan manuver t-bone.

Sebuah sedan biru terlihat didorong mundur dengan latar belakang promosi dengan bagasi terbuka dan mobil putih didorong ke samping mobil oranye. Kerusakan pada berbagai mobil yang terlibat terlihat kecil, namun tentunya mengharuskan semuanya meluangkan waktu di bengkel. Untungnya, tidak satu pun dari lima orang yang diserang oleh EV jahat itu tewas.

Zeekr mengeluarkan pernyataan di platform media sosial Tiongkok, Weibo, pada hari tabrakan dan menyatakan bahwa kecelakaan itu bukan akibat kesalahan pada mobil yang melaju, namun kesalahan pengelolaan mobil yang dipamerkan di pameran tersebut. Dikatakan bahwa powertrain EV tidak dalam mode 'pameran', melainkan diparkir dalam mode kenyamanan biasa.

Meskipun kuncinya tidak ada di dalam mobil, kuncinya tampaknya cukup dekat sehingga seseorang dapat 'menghidupkannya' dan mulai mengemudi. Tidak ada kesan bahwa mobil itu melaju ke depan dengan tenaganya sendiri. Sejak insiden bulan Maret, Zeekr telah melakukan peninjauan dan inspeksi nasional terhadap kendaraan display lainnya untuk memastikan hal serupa tidak terjadi lagi.

× Image