Home > Mobil

Mau Selamat Sampai Tujuan, Kenali Kegunaan Bahu Jalan Tol

Bahu jalan tol biasanya memiliki batas yang ditandai dengan garis putus-putus
Tertib berlalulintas salah satunya adalah memahami kegunaan bahu jalan di jalan tol.    dok Motoresto.id
Tertib berlalulintas salah satunya adalah memahami kegunaan bahu jalan di jalan tol. dok Motoresto.id

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Seringkali kendaraan roda empat atau lebih melaju di bahu jalan tol. Pemandangan ini kerap terlihat saat terjadi kepadatan lalu lintas di jalur utama. Hal itu terjadi karena ktidaksabaran pengguna jalan yang ingin cepat sampai ke tempat tujuan.

Padahal bahu jalan yang berada di sisi kanan dan kiri jalan tol hanya digunakan untuk situasi darurat, atau parkir sementara. Selain itu, bahu jalan tol juga berperan dalam menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas dengan memberikan ruang tambahan bagi kendaraan yang memerlukan ruang gerak lebih,

Seperti truk atau kendaraan besar lainnya. Hal ini membantu mengurangi kemacetan dan menjaga kelancaran lalu lintas pada jalur utama.

Menurut laman resmi Daihatsu, Bahu jalan tol biasanya memiliki batas yang ditandai dengan garis putus-putus dan tidak diperkenankan untuk digunakan sebagai jalur lalu lintas utama. Bahu jalan tol memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

Keamanan

Bahu jalan tol berfungsi sebagai area darurat untuk berhenti atau parkir sementara dalam situasi darurat atau keadaan yang memerlukan pemberhentian mendadak. Hal ini membantu menjaga keamanan pengendara dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Akses Kendaraan Darurat

Bahu jalan tol memberikan akses yang lebih mudah bagi kendaraan darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran, dan polisi. Area ini memberikan ruang tambahan untuk kendaraan darurat melalui jalur cepat yang dapat mempercepat waktu tanggap dalam situasi darurat.

Penyediaan Layanan

Bahu jalan tol juga digunakan untuk penyediaan layanan di jalan tol, area rest area, pompa bensin, dan fasilitas lainnya. bagi pengguna jalan.

Pemeliharaan dan Perbaikan

Bahu jalan tol juga digunakan sebagai ruang kerja untuk kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jalan tol.

Ini termasuk kegiatan seperti perbaikan jalan, pemasangan atau perbaikan tiang penyangga, pembersihan, dan lain-lain. Bahu jalan tol memberikan ruang yang aman bagi pekerja untuk melakukan tugas-tugas perawatan dan perbaikan. Secara keseluruhan, bahu jalan tol memiliki peran penting dalam menjaga keamanan, kelancaran lalu lintas, dan menyediakan fasilitas layanan di jalan tol.

Aturan Penggunaan Bahu Jalan Tol

Bahu jalan tol memiliki batasan penggunaan yang diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol Pasal 41 ayat 2. Berikut adalah ketentuan penggunaan bahu jalan tol:

Bahu jalan tol dapat digunakan oleh arus lalu lintas dalam keadaan darurat.

Bahu jalan tol diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti dalam kondisi darurat.

Bahu jalan tol tidak boleh digunakan untuk menarik, menderek, atau mendorong kendaraan.

Penggunaan bahu jalan tol tidak diperbolehkan untuk menaikkan atau menurunkan penumpang, barang, atau hewan.

Bahu jalan tol tidak boleh digunakan untuk melakukan manuver mendahului kendaraan.

Pelanggaran terhadap aturan ini dapat dikenai sanksi, berupa denda sebesar Rp 500 ribu atau ancaman pidana dengan hukuman maksimum dua bulan, sesuai dengan yang diatur dalam Pasal 287 ayat 1.

× Image