Home > Mobil

Tesla Segera Memperkenalkan Rencana Revolusioner Robotaxi Tahun Ini

Elon Musk Rencanakan Robotaxi Tesla, Mengubah Paradigma Mobilitas dengan Teknologi Otonom
Dok. Carscoop
Dok. Carscoop

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- CEO Tesla, Elon Musk, umumkan rencana untuk memperkenalkan layanan robotaxi Tesla pada 8 Agustus mendatang. Pengumuman ini menjadi bukti konkret dari visi jangka panjangnya yang telah ia bagikan selama bertahun-tahun.

Dikutip dari carscoop, Musk memaparkan tentang masa depan mobilitas dalam "Master Plan, Part Deux" yang ditulisnya hampir delapan tahun yang lal. Di mana pemilik mobil Tesla dapat memanfaatkan kendaraannya untuk menghasilkan pendapatan tambahan ketika tidak digunakan.

"Setelah 'self-driving yang sebenarnya disetujui oleh regulator, itu berarti Anda akan dapat memanggil Tesla Anda dari mana saja. Setelah pesawat itu menjemput Anda, Anda akan dapat tidur, membaca, atau melakukan hal lain dalam perjalanan ke tujuan Anda." ungkap Elon Musk

Konsep robotaxi yang diungkap oleh Musk tidak hanya melibatkan kemampuan teknologi self-driving yang disetujui oleh regulator, tetapi juga mengubah paradigma kepemilikan mobil. Dengan memanfaatkan model berbagi armada bersama Tesla, pemilik Tesla akan dapat menambahkan mobil mereka ke dalam pool armada dengan mudah, melalui aplikasi telepon Tesla. Hal ini diharapkan dapat mengurangi biaya kepemilikan mobil hingga membuat mobil Tesla lebih terjangkau bagi masyarakat umum.

Pengumuman ini datang pada saat yang menarik dalam industri otomotif, terutama setelah Ford mengumumkan langkah mundur dari pengembangan kendaraan otonom, sementara GM Cruise masih berusaha pulih dari dampak kecelakaan besar. Dengan demikian, langkah ini memperkuat posisi Tesla sebagai pemimpin dalam inovasi otomotif, serta menunjukkan tekad perusahaan untuk mengubah paradigma mobilitas masa depan.

Meskipun visi Musk terhadap robotaxi sangat menarik, banyak yang tetap skeptis. Sejarah perusahaan dalam memenuhi janji-janji sebelumnya telah menimbulkan keraguan, terutama dalam hal jadwal peluncuran produk. Selain itu, ada juga tantangan teknis yang harus diatasi, termasuk masalah keamanan dan regulasi yang kompleks terkait dengan kendaraan otonom.

Namun demikian, pengumuman ini menandai langkah penting dalam evolusi mobilitas otonom. Dengan adanya dorongan yang semakin kuat dari perusahaan-perusahaan seperti Tesla, serta minat yang meningkat dari regulator dan konsumen, masa depan mobilitas yang sepenuhnya otonom tampak semakin dekat.

× Image