Home > Gaya Hidup

Pahami Tips Aman Parkir di Rest Area Jalan Tol

Sambil beristirahat juga dapat dilakukan senam ringan agar tubuh tetap prima sebelum melanjutkan perjalanan
Tampak suasana di salah satu rest area di tol Cipali, Jawa Barat malam hari.     dok Motoresto.id
Tampak suasana di salah satu rest area di tol Cipali, Jawa Barat malam hari. dok Motoresto.id

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Saat melaju di jalan bebas hambatan yang dapat mempercepat kelelahan dan rasa jenuh, keberadaan rest area atau tempat beristirahat menjadi penting. Melepas penat selama 30 menit hingga 1 jam sambil melakukan senam ringan, akan mampu menyegarkan stamina pengendara dan penumpang sebelum melanjutkan perjalanan.

Namun, tidak ada salahnya bagi penumpang atau pengedara yang hendak beristirahat di rest area untuk mengetahui sejumlah tips sederhana dari Astra Daihatsu, agar anda dapat beristirahat dengan tenang dan aman.

Cari Lokasi Parkir Aman dan Ramai

Rest area di sepanjang jalan tol atau bebas hambatan umumnya menyediakan lahan parkir yang luas. Usahakan hindari tempat parkir yang jauh dari jangkauan pandangan pengunjung atau tim pengamanan. Selain itu, jika tiba di rest area pada malam hari, jauhi lokasi yang gelap dan belakang.

Pilihlah kawasan yang ramai, khususnya banyak orang yang duduk di sekitarnya. Dengan begitu akan mengurungkan niat orang lain untuk berbuat jahat.

Posisikan Mobil Sesuai Batasnya

Selanjutnya bila tempat parkir sudah dapat, posisikan kendaraan Sahabat dengan benar. Jangan terlalu ke kiri atau kanan sehingga melewati garis batas yang telah ditentukan. Hal ini berguna untuk mencegah goresan atau penyok akibat jarak parkir dengan mobil lain terlalu dekat.

Jangan Tinggalkan Barang Mudah Terbakar

Jika bermaksud keluar dari mobil untuk makan atau sekedar menghirup udara segar, pastikan tidak meninggalkan korek api atau kaleng semprot aerosol di dalam kabin, khususnya tepat di bawah matahari.

Keduanya punya zat yang sangat mudah digunakan ketika terkena panas sehingga memicu ledakan. Hal yang sama berlaku untuk powerbank dan barang berbahan lithium lainnya. Tentu Sahabat tidak mau mudik lebaran jadi rugi bandar karena mobil terbakar.

Simpan Barang Berharga

Pengguna mobil terkadang kala lalai meninggalkan barang berharganya di dalam mobil sehingga sangat mudah memancing pencuri. Barang berharga seperti handphone , laptop, dan dompet, sebaiknya dibawa ketika keluar dari mobil atau simpan di tempat yang tertutup.

Sebagai langkah pencegahan, pengguna mobil dapat memasang kaca film. Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor, diperbolehkan menggunakan kaca berwarna (kaca film) asalkan dapat ditembus cahaya (VNT) 70 persen.

Tambah Kunci Ganda

Dalam memarkir mobil dan meninggalkannya di rest area, pastikan semua pintu terkunci dan jendela tertutup rapat. Gunakan kunci keamanan ganda atau pasang alarm mobil agar meminimalisir kemalingan.

Tindak kejahatan bisa terjadi dimana dan kapan saja. Tidak ada salahnya mengikuti tips aman parkir di rest area. Selain itu, hindari beristirahat di dalam mobil dengan AC yang menyala terlalu lama. AC mobil bisa menghasilkan gas karbon monoksida dari sisa pembakaran mesin sehingga menyebabkan keracunan. Berkendaralah dengan teliti dan waspada agar selamat sampai di tujuan.

× Image