Home > Gaya Hidup

Tips Menata Barang Bawaan di Bagasi Agar Tidak Bermasalah di Jalan

Jangan sampai memasukan barang yang melebihi kapasitas bagasi.
Diperlukan kecermatan dalam menyusun barang bawaan di bagasi    dok Wuling Motors
Diperlukan kecermatan dalam menyusun barang bawaan di bagasi dok Wuling Motors

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Mobil jenis city car atau berukuran compact kini banyak dijumpai di wilayah perkotaan. Ukurannya yang kecil, membuatnya lincah lalu lalang di jalan perkotaan yang umumnya sempit dan akses terbatas.

Sebagai kendaraan yang berukuran kecil, kendaraan jenis compact car ini juga memiliki ruang bagasi yang terbatas. Sehingga dibutuhkan kecermatan dalam membawa barang bawaan dan mengaturnya di dalam bagasi agar tertata rapi dan barang tidak rusak atau bermasalah saat di perjalanan.

Berikut ini tips sederhana dari Wuling Motors yang perlu dipahami dalam menyimpan barang bawaan di mobil.

Kapasitas Bagasi

Untuk memaksimalkan penggunaan bagasi, Anda harus memperhatikan kapasitas bagasi mobil. Jangan sampai memasukan barang yang melebihi kapasitas bagasi. Apabila mobil kelebihan muatan baik dari dimensi maupun berat tentu akan sangat membahayakan. Jadi, sebagai keamanan harus disesuaikan dengan kapasitas bagasi.

Kelompok Barang

Terkadang setiap barang bawaan, memiliki berat yang bervariatif. Maka dari itu, perlu dikelompokan barang-barang dengan berat tertentu. Jangan sampai menempatkan barang dengan bobot terlalu berat hanya pada satu sisi kendaraan, melainkan harus seimbang antara kanan dan kiri,

Ketika berat pada barang bawaan ini seimbang, kenyamanan dalam bermanuver saat berkendara akan tetap terjaga dan mobil tidak akan mudah untuk oleng.

Susunan barang

Letakkan barang yang berukuran besar atau berat paling bawah. Sedangkan barang paling ringan berada di paling atas. Ini penting karena ukurannya yang berat akan menopang barang lain yang lebih ringan yang diletakkan di atasnya.

Mengikat Barang

Apabila barang yang dibawa jumlahnya banyak sebaiknya diikat dalam satu kesatuan. Ini dibutuhkan agar selama perjalanan barang tidak mengganggu kenyamanan. Terutama apabila barang dimuat di bagasi yang terleta di atas atap kendaraan.

Pemilihan bahan yang digunakan sebagai tali pengikat dan cara mengikat yang benar juga akan menentukan keselamatan bagi diri sendiri dan orang lain di jalan raya.

× Image