Home > Mobil

Komparasi Mobil Listrik, BYD Atto 3 vs Chery Omoda E5 disegmen Crossover EV di Indonesia

Kehadiran BYD Atto 3 dan Chery Omoda E5 turut meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia khususnya di segmen crossover listrik
Omoda E5 yang diluncurkan di Park Hyatt, Jakarta (5/2) Dok. Motoresto.id
Omoda E5 yang diluncurkan di Park Hyatt, Jakarta (5/2) Dok. Motoresto.id

MOTORESTO.ID, JAKARTA – Pabrikan otomotif di Indonesia kini berlomba-lomba bersaing di segmen mobil listrik khususnya di segmen crossover listrik. Tidak terkecuali BYD dan Chery, pabrikan asal Cina ini hadir di Indonesia dengan produk andalan mereka masing-masing.

Salah satunya Chery Omoda E5 yang sebelumnya sudah diperkenalkan Chery di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 namun baru merilis harga di bulan Februari ini. Bersamaan dengan itu, BYD yang baru saja memperkenalkan merek mereka di tanah air juga memperkenalkan 3 model kendaraan elektriknya salah satunya BYD Atto 3.

Dari segi desain, Omoda E5 menggunakan platform model Omoda 5 yang mana tidak berbeda jauh dengan versi bensinnya. Lekukan-lekukan tajam serta lampu yang menyipit terlihat agresif diabanding model bensinnya.

Dari segi dimensi, Omoda E5 memiliki dimensi yang lebih besar disbanding Atto 3. Dengan panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm. Sedangkan Atto 3 memiliki panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.570 mm.

Interior

Masuk ke interior, BYD Atto memiliki desain interior yang lebih sporty dengan aura maskulin dan berotot. Dengan ornamen yang timbul pada bagian dashboard dan door trim.

Ditambah layar instrumen 5 inci dan head unit 12,8 inci yang bisa diputar dengan kisi-kisi AC dan handle pintu yang unik. Mobil ini menggunakan bucket seat yang terinspirasi dari kursi gaming, agar pengemudi tetap nyaman selama berkendara.

Interior BYD Atto 3 Dok. BYD Indonesia
Interior BYD Atto 3 Dok. BYD Indonesia

Dibandingkan dengan Omoda E5, tampilan dashboard mobil ini tidak berbeda jauh dengan versi bensin yang sebelumnya sudah di pasarkan. Namun Chery memberikan sedikit perbedaan pada bagian warna dengan warna biru dan beige. Dan untuk head unit masih sama dengan varian bensinnya, head unit dan instrument cluster yang menyatu dengan ukuran 24,6 inci dan sudah terkoneksi dengan Bluetooth dan USB didukung sistem audio dari Sony.

Kedua mobil ini juga tak kalah mewah. Atto 3 dengan panoramic glass roof dan Omoda E5 dengan sunroof layaknya Omoda 5 bensin.

Performa

Dari segi performa, mobil listrik dikenal memiliki torsi yang instan ketika kita ingin berakselerasi maupun menyalip kendaraan lain. Untuk BYD Atto 3, ia memiliki tenaga 210 hp dan torsi 310 dengan jarak tempuh 480 km untuk varian tertingginya yakni Superior dengan kapasitas baterai 60,48 kWh.

Dan Omoda E5 dengan kapasitas baterai yang hamper serupa yakni 61 kWh dengan jarak tempuh 430 km mampu berakselerasi dengan tenaga 201 hp dan torsi maksimal 340 Nm.

Baterai Lithium Ferro Phospate atau Blade Battery yang di gunakan di BYD Atto 3 Dok. BYD Indonesia
Baterai Lithium Ferro Phospate atau Blade Battery yang di gunakan di BYD Atto 3 Dok. BYD Indonesia

Kedua mobil ini sama-sama menggunakan baterai jenis (Lithium Ferro Phospate) LFP yang dinilai lebih tahan lama dan keamanan yang lebih baik. Sebab baterai jenis ini dinilai lebih tahan panas dan memiliki siklus hidup yang lebih panjang dibanding baterai Lithium ion yang masih mengggunakan bahan dasar nikel.

Soal harga BYD Atto dibandrol Rp 515.000.000 untuk tipe Superior dan Chery Omoda E5 Rp 498.800.000 OTR Jakarta.

BYD Atto yang hadir di IIMS 2024 Sumber:BYD Indonesia
BYD Atto yang hadir di IIMS 2024 Sumber:BYD Indonesia
× Image