Home > Komunitas

Usung Tema One Heart for Palestine, Kopdargab MBI Dihadiri 200 Bikers

Kopdargab ini untuk mempererat sulaturahmi antar bikers se Indonesia
Kegiatan Kopdargab MBI  se Sumatera dihadiri sekitar 200 bikers.     dok MBI 
Kegiatan Kopdargab MBI se Sumatera dihadiri sekitar 200 bikers. dok MBI

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Para pecinta bikers yang tergabung dalam Muslim Bikers Indonesia (MBI) dari berbagai chapter se-Sumatera dan Jawa berkumpul kembali menimba ilmu tauhid bersama didalam acara Kopdar gabungan (Kopdargab) jilid 2. Kegiatan yang diinisiasi MBI Lahat, Pagaralam, dan Palembang ini berlangsung di Villa ex MTQ Gunung Dempo Pagaralam Selatan pada hari Jumat-Minggu (26-28/1) lalu.

Mengusung tema ‘One Heart for Palestine’, acara ini pun mendapat respon sangat baik dari para bikers MBI. Acara ini dihadiri tak kurang dari 200 orang perwakilan dari berbagai chapter yang ada di Sumatera dan Jawa.

Hadir perwakilan dari MBI Lahat, Pagaralam, Padang, Duri, Palembang, Lubuk Linggau, Kepahiang, Jambi, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Banten, Bogor, Indramayu dan Pengurus Pusat MBI. Juga diikuti tamu undangan dari berbagai komunitas bikers setempat diantaranya Pagaralam Trail Community.

Kegiatan ini dipimpin Akhi Purnain dari MBI Lahat selaku ketua panitia pelaksana bekerja sama dengan MBI Pagaralam dan MBI Palembang. Diadakannya Kopdargab ini sekaligus sebagai ajang untuk memperkuat tali ukhuwah Islamiyah antar bikers MBI se-Sumatera dan juga se-Indonesia. “Dalam Kopdargab ini, kami berkumpul dengan saudara-saudara MBI dari setiap chapter untuk mempererat tali ukhuwah Islamiyah sekaligus memperdalam ilmu tauhid bersama,” katanya.

Kegiatan Kopdargab jilid 2 ini bertujuan merepresentasikan slogan dari MBI, yaitu Born To Pray, Journey To Jannah yang berfokus pada misi dakwah dan menyebarkan Islam dengan segala kebaikan didalamnya. Sebagai nara sumber kali ini diisi Ustadz Faqih hamzah M.Pd, Ustadz Achiruddin Lc, Ustadz Subhan Apriando S.H, dan Ustadz Subhan Bawazier.

Tampak pemberian cinderamata dalam Kopdargab jilid 2                  dok MBI
Tampak pemberian cinderamata dalam Kopdargab jilid 2 dok MBI

Kegiatan rutin yang diadakan setiap 1 tahun sekali ini diisi dengan berbagai rangkaian acara yang berlangsung sejak Subuh diawali dengan shalat berjamaah dilanjutkan dengan kajian Islam yang disampaikan oleh Asatidz (Ustadz) nara sumber, sarapan dan makan bersama, shalat 5 waktu berjamaah. Lalu ada bazar, meet n greet para Asatidz dan pengurus chapter, city riding. Acara diakhiri dengan api unggun dan foto Bersama.

Dalam sambutannya, Akhi Purnain menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta dan seluruh sponsor yang sudah mendukung, seluruh panitia Kopdargab Sumatera jilid 2 ini. "Panitia mohon maaf atas sambutannya maksimal, mohon kritik dan saran. Terima kasih,” tuturnya.

Dalam ceramahnya Ustadz Subhan Bawazier berpesan, MBI bukan klub motor melainkan wadahnya para biker untuk belajar agama Islam. “Karena biker punya jiwa yang karakternya mirip. Disuruh ataupun tidak yang namanya touring itu hobi makanya kita berikan arahan bahwa yang namanya touring itu harus betul-betul terasa indah, indahnya touring nikmatnya kajian,” ujar Ustadz Subhan.

“Maka, bahwa yang namanya biker bisa menjadi Ulil Albab (seseorang yang memiliki akal atas pemahaman yang benar), maka kita sering bilang yang paham biker cuma biker. Andai mereka tahu bahwa biker berkumpul mengisi waktu luang mereka untuk silaturahmi, belajar bareng karena Allah pasti ada bekas kebaikan, maka kita harus tau kedepannya kepada siapa kita berteman,” tutur Ustadz Subhan.

× Image