All New CR-V Resmi Mengaspal di GIIAS 2023
MOTORESTO.ID BSD – PT Honda Prospect Motor telah meluncurkan All New Honda CR-V di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition, BSD.
Pada tanggal 11 Agustus 2023 lalu.
Ini merupakan generasi keenam dari Honda CR-V kini hadir sebagai SUV Premium.
Yang menawarkan varian mesin Hybrid yang bertenaga sekaligus efisien, teknologi konektivitas yang canggih serta fitur keselamatan terlengkap.
Setiap generasinya selalu mendapat respon positif oleh para konsumen.
Setiap model SUV global Honda ini berhasil terjual lebih dari 13 juta unit di dunia.
Di tanah air, Honda CR-V juga mendapat sambutan positif oleh para konsumen.
Semenjak awal hadir pada tahun 2000, Honda CR-V berhasil mencatatkan penjualan kumulatif sebanyak lebih dari 237 ribu unit.
CR-V baru ini merupakan generasi keenam pertama kali hadir di Amerika Serikat pada tahun 2022 lalu.
Dari generasi ke generasi, Honda CR-V telah mengalami penyempurnaan dalam sisi tampilan, performa, hingga teknologinya.
Honda CR-V yang baru telah hadir di Indonesia hadir dengan mengusung tema “Ahead in Perfection”.
Sebagai SUV premium Honda yang menawarkan desain mewah, kenyamanan berkendara, performa bertenaga, hingga teknologi terdepan.
Untuk pertama kalinya di Indonesia, kini hadir dalam varian All New CR-V 2.0L RS e:HEV.
Yang mengusung mesin hybrid berteknologi canggih, sekaligus karakter sporty khas lini RS Honda.
Selain itu, All New Honda CR-V juga hadir dalam varian 1.5L Turbo, dengan konfigurasi 7-seater yang dapat memenuhi kebutuhan untuk kapasitas penumpang lebih besar.
Spesifikasi Mesin
All New CR-V RS e:HEV menggunakan mesin berkapasitas 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC.
Hadir dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.
Honda telah memberikan jaminan gratis penggantian baterai hingga 8 tahun atau 160 ribu kilometer.
Secara total, kombinasi motor listrik dan mesin All New Honda CR-V menghasilkan tenaga maksimum 207 PS serta torsi maksimal sebesar 335 Nm.
Teknologi e:HEV merupakan sistem yang akan bekerja secara otomatis.
Kemudian kedua motor listrik dan mesin bensin dapat beroperasi secara independen serta menghasilkan pengalaman berkendara yang efisien di berbagai situasi.
Sistem manajemen daya yang efisien serta daya motor listrik yang menghasilkan penggunaan baterai yang lebih dominan jika membadingkan dengan bensin, sehingga mencapai efisiensi bahan bakar yang sangat baik dengan performa yang bertenaga.
Sistem e:HEV bekerja dalam 3 Driving System yang terdiri dari EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode yang secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi jalan, pengendaraan, beban mesin dan cara mengendarai kendaraan.
Pada kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV.
Hanya baterai yang menggerakan motor sehingga tidak ada konsumsi bensin yang terpakai dan tidak akan menghasilkan emisi.
Saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat.
Sistem akan menggunakan mode Hybrid kemudian mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik.
Yang ini menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar.
Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan menggunakan mode Engine Drive.
mesin secara penuh akan menggerakan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar.
Deceleration Paddle Selector pada All New Honda CRV RS e:HEV memiliki fungsi sebagai pedal deselerasi (perlambatan) untuk memaksimalkan pengisian daya baterai melalui pengereman kendaraan(regenerative braking) dimana semakin besar level perlambatan maka semakin banyak daya yang diserap oleh baterai.
Pengguna dapat menggunakan Shift B untuk memberikan perlambatan yang aman bahkan di jalan menurun yang curam, sekaligus pengaturan pengisian baterai yang lebih optimal.
Sementara itu, All New Honda CR-V 1.5L Turbo menggunakan mesin berkapasitas 1.5-liter direct-injected 4-Cylinder DOHC VTECⓇ Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimum 240 Nm pada putaran mesin 1.700-5.000 rpm.