Home > Umum

Fitur Canggih Ini Ternyata Menjadi Unggulan Suzuki New XL7 Hybrid, Seperti Apa?

Fitur Canggih Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Fitur ini berfungsi untuk menghemat bahan bakar saat kendaraan berhenti.

MOTORESTO.ID, JAKARTA— Hadirnya sejumlah fitur canggih di Suzuki XL7 hybrid  telah menjadikanya salah satu primadona Suzuki di kelas SUV 7 penumpang di Tanah Air.

Meski secara tampilan tidak ada perubahan yang mencolok dari generasi sebelumnya, namun PT Suzuki Indomobil Sales tak ingin menjadikan produk andalannya ini sekedar facelife semata.

Setidaknya perubahan terasa ketika Motoresto.id berkesempatan menjajal keandalan Suzuki New XL7 hybrid di dua lokasi terpisah di Ancol dan Senayan Park, 15 Juni lalu.

Saat duduk di berlakang kemudi terasa handling yang cukup baik. Terutama ketika menikung di tikungan cukup tajam.

Sebagai kendaraan berpenggerak roda depan, Suzuki New XL7 hybrid tidak mengalami gejala limbung meski kendaraan ini memiliki ketinggian body 200 milimeter.

Barangkali hal itu terjadi karena kecepatan kendaraan yang relative rendah akibat lintasan atau jalur tes drive yang dilalui sangat terbatas dan cukup ramai lalu lintasnya.

Fitur SHVS


Selama berkendara kami juga sempat merasakan manfaat fitur Smart Hibryd Vehicle by Suzuki (SHVS). Fitur canggih ini berfungsi untuk menghemat bahan bakar saat kendaraan berhenti.

Namun, pengemudi tidak meninjak pedal gas dan gigi pada posisi N.  Pada posisi ini mesin akan melakukan engine auto stop sehingga mesin mati.

Namun, system kelistrikan tetap menyala sehingga sarana penyejuk udara dan perlengkapan elektronik lainnya di dalam kendaraan tetap berfungsi normal.

Saat mesin mati terdapat indikator warna hijau menyala di dalam dashboard pengemudi.

Saat pedal gas kembali diinjak, mesin kembali menyala dan lampu indikatorpun mati. Kendaraanpun kembali melaju seperti semula.

Bagi pengemudi yang belum terbiasa dengan fitur ini jangan terkejut bilan mesin kendaraan mati saat kendaraan terhenti. Namun, itu tidak masalah setelah menyadari adanya fitur SHVS tersebut.

Kinerja SHVS tersebut mendapat dukungan dari hadirnya fitur integrated starter generator (ISG) dan Lithium Ion battery.

ISG berperan menggantikan fungsi alternator memberi dukungan tenaga agar mesin tetap efisien. Sedangkan Lithium ion battery berperan menyimpan tenaga dari ISG.

Rafi Al Ghany, Head of Public Relations PT SIS mengakui perbedaan utamanya ada penyematan fitur SHVS.

Teknologi ini memadukan ISG dan lithium ion batrery sehingga  lebih ramah lingkungan.

Fitur ini membantu menghemat BBM saat melintasi jalan yang macet dan mempertahankan akselerasi kendaraan,” kata Rafi Al Ghany, Head of Public Relations PT SIS.

[caption id="attachment_5509" align="aligncenter" width="732"]Fitur canggih XL7 Hybrid Kehadiran fitur canggih XL7 Hybrid menjadi unggulan. DOK. MOTORESTO.ID[/caption]

Cruise Control


Fitur lain yang tidak kalah menarik dari Suzuki New XL7 Hybrid ini adalah faslitas cruise control yang tersemat di sebelah kanan roda  kemudi.

Namun karena tempat yang terbatas maka fasilitas tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana seharusnya.

Meski demikian hadirnya fitur ini akan bermanfaat ketika kendaraan melaju di lintasan bebas hambatan sehingga akan menambah kenyamanan berkendara.

Hadirnya fasilitas tersebut sesuai dengan harga jual yang berkisar mulai tipe zeta manual Rp 256 jutaan.

Sedangkan tipe Alpha yang tertinggi seharga Rp 304 jutaan.

× Image