Home > Umum

Anda Mau Ganti Ban, Pahami Dahulu Informasi Ini

Ban mobil merupakan salah satu komponen paling vital bagi sebuah kendaraan bermotor. Perannya yang menghubungkan antara permukaan jalan dan kendaraan membuatnya memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan atau aus karena pemakaian.

MOTORESTO.ID, JAKARTA--Ban mobil merupakan salah satu komponen paling vital bagi sebuah kendaraan bermotor. Perannya yang menghubungkan antara permukaan jalan dan kendaraan membuatnya memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan atau aus karena pemakaian.

Karena itu ban kendaraan memiliki masa usia pakai yang beragam, tergantung dari pemakaian. Laman resmi Astra Daihatsu mengingatkan untuk mengetahui masa kadaluarsa ban mobil cukup mudah. Periksa kode-kode yang tertera pada dinding ban. Semua kode ini memiliki arti yang mengandung berbagai informasi mengenai ban. Di antaranya tahun produksi ban hingga masa kadaluarsa ban mobil.

Carilah empat deret angka yang ada di dinding ban. Dua angka pertama adalah informasi minggu pembuatan ban, dan dua angka belakang informasi tahun pembuatannya. Contohnya bila ban diproduksi minggu ke-30 di tahun 2022, maka kode yang tercetak adalah 3022.

Masa kadaluarsa ban mobil

Umumnya, usia maksimal pemakaian ban mobil adalah 5-6 tahun, itu terhitung sejak awal ban dipasang di mobil. Bila lamanya penggunaan ban sudah melewati 5 tahun, jangan tunda untuk melakukan pergantian ban. Selain dilihat dari masa pakai, perhatikan juga jarak tempuh kendaraan. Bila sudah menyentuh angka 40.000 kilometer, itu tandanya ban sudah harus diganti karena jarak tempuh cukup membuat ban mengalami keausan.

Berbeda bila ban hanya disimpan dan tidak digunakan. Dari segi performa, kualitas ban masih prima meski usia produksinya sudah lama sekali.

Hindari penggunaan ban bekas

Mengganti ban kadaluarsa dengan ban bekas, second atau rekondisi yang harganya jauh lebih murah sebaiknya dihindari. Selain kualitasnya juga belum tentu bagus, juga tidak tahu bagaimana riwayat pemakaian ban tersebut sebelumnya.

× Image