Home > Umum

Membidik Peluang Produk Aftermarket Tanah Air di Negeri Sakura

Banyaknya kendaraan asal Jepang yang hadir di Indonesia juga diyakini dapat berpengaruh terhadap hadirnya produk aftermarket lokal dari Indonesia atau sebaliknya.

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Jepang merupakan salah satu negara terkemuka di dunia yang menjadi kiblat bagi pengembangan industri otomotif dan modifikasi. Karena melalui ajang seperti pameran modifikasi Osaka Automesse (OAM) 2023 pada 10 - 12 Februari 2023 mendatang, akan menjadi peluang untuk memeprkenalkan dan memasarkan beragam produk baru aftermarket dan modifikasi Tanah air di negeri Sakura tersebut.

Menurut Yoong Yomin, Founder Yoong Motor Group Jumat (3/2), industri after market menjadi tren di banyak negara. Karena itu produk di Tanah Air yang sudah cutomize harus lebih ke kreatif. Seperti halnya lampu kendaraan yang telah tampil dalam berbagai model. Sedangkan di Jepang lampu lebih berperan sebagai fungsi penerang, bukan asesoris pelengkap kendaraan bermotor.

Selain itu kalangan industri after market Tanah Air yang akan tampil di Jepang adalah mereka yang sudah dikenal memiliki produk unggulan dan berkualitas. Sehingga mampu bersaing dengan produk sejenis dari negara lain. "Kami berharap ada hubungan yang baik antara produk Jepang dan Indonesia, terlebih model JDM yang tampak sederhana banyak disukai orang, kita bisa belajar dari orang Jepang soal kekurangand an kelebihannya," kata Yoong.

Yoong Motor Indonesia sendiri, akan membawa dua produk lampu aftermarket di bawah naungan langsung oleh tim Yoong Motor Group, yakni Osram Indonesia, Ruchi Vision, dan Lumens Light. Osram Indonesia akan memajang berbagai produk seperti Osram CBI All Season dan Osram CBI Laser. SR3 dan SR Nano diperkenalkan sebagai lini produk dari Saber Industries.

Dalam sambutannya melalui video tapping, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengatakan, OLX Autos IMX 2023 menjadi wadah kegiatan yang beririsan dengan sub sektor desain produk di Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI yang tentunya diharapkan dapat membuka peluang industri kreatif Indonesia dalam melakukan akselerasi. "Kolaboras OLX Autos IMX 2023 dan pameran modifikasi Osaka Automesse dapat memperluas target pasar para pelaku industri modifikasi dan aftermarket sebagai bagian dari industri kreatif di Indonesia," kata Sandy.

Sandi menambahkan, misi Great of Indonesia dalam series pertama OLX Autos IMX 2023 di Osaka Automesse dapat memicu pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia, peningkatan ekspor dan membuka lebih banyak lapangan kerja baru.

Founder NMAA sekaligus IMX Project Director, Andre Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara Automesse Association dan Nippon Auto Parts Aftermarket Committee (NAPAC) atas ketersediaannya dalam mendukung industri modifikasi dan aftermarket Indonesia. "Semoga dapat terus bersinergi menyebarkan edukasi seputar modifikasi yang proper sekaligus menjadi sarana bertukar ide dan gagasan agar dapat memotivasi industri modifikasi dan lifestyle di Indonesia dan Jepang," katanya.

Banyaknya kendaraan asal Jepang yang hadir di Indonesia juga diyakini dapat berpengaruh terhadap hadirnya produk aftermarket lokal dari Indonesia atau sebaliknya."Kolaborasi antara Automesse, dan NMAA yang menyelenggarakan IMX mendatangkan prospek pasar yang baik untuk industri aftermarket dimana kita dapat terus bersinergi untuk bertukar ilmu, produk, dan informasi," ujar Sekjen Osaka Automesse Management Yoshizaka.

Menurut Yoshizaka industri aftermarket dan modifikasi di Indonesia akan terus berkembang seiring tingginya permintaan personalisasi dan kustomisasi kendaraan dari para car enthusiast.

× Image