motoresto.id/, JAKARTA — Bangkitnya ekonomi Indonesia setelah pandemitelah mendorong meningkatnya bergairahnya bisnis kendaraan niaga yang diperlukan bagi transportasi barang dan jasa. Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia melihat hal itu sebagai peluang yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.
Hal itu dibuktikan dengan menghadirkan kendaraan pikap terbarunya, Tata Intra V20 yang dilengkapi mesin Diesel E4 dan kompatibel dengan bahan bakar B30.
“Kami sadar bahwa pertumbuhan ekonomi indonesia yang tinggi tidak lepas dari dukungan industri logistik yang kuat, kami berkomitmen mendukung industri fundamental tersebut melalui produk terbaru, Tata Intra V20,” ujar Pankaj Jain, President Director TMDI belum lama ini.
Tata Intra V20 dirancang khusus sesuai keadaan lapangan dan kebutuhan masyarakat Indonesia dengan berbagai fitur terkini, misalnya teknologi hydroforming yang mencegah adanya karat, serta mampu mengangkut lebih dari 1000 kilogram. Tata Intra V20 juga memiliki Gradeability 45 persen sehingga dapat menanjak secara optimal.
Tata Intra V20 membidik pelaku usaha yang menginginkan pikap dengan daya angkut lebih banyak, kemampuan menanjak lebih baik, dan konsumsi bahan bakar lebih irit. Oleh karena itu, Tata Intra V20 dapat menjadi pilihan utama untuk kebutuhan logistik harian, seperti pengiriman bahan makanan, material bangunan, hewan ternak, dan lainnya.
Selain itu, Tata Motors juga menjamin untuk ketersediaan suku cadang dan perawatan Tata Intra V20 melalui program Customer Care ‘Peace of Mind’ dari TMDI dengan layanan 24 jam yang tersebar pada lebih dari 200 outlet di seluruh Indonesia.
Tata Intra V20 dijual dengan harga mulai dari Rp159 juta non AC dan 169 juta AC. Kehadirannya untuk melengkapi seri lainnya, terutama untuk segmen truk pikap di Indonesia. Kendaraan niaga yang diimpor dari India ini mengalami sejumlah perubahan dari negara asalnya.
Augustin Lumban Tobing, Deputi GM Sales and Leasing, Tata Motors menambahkan perubahan dilakukan di mesin diesel agar mampu mengonsumsi bahan bakar B30 yang digunakan di Tanah Air. Untuk itu konsumen diharapkan rajin melakukan penggantian filter oli agar setiap10 ribu kali pemakaian agar kinerja kendaraan tetap maksimal.
Sejumlah perubahan kecil dilakukan seperti posisi tuas transmisi yang kini berada di dashboard, sehingga posisi duduk penumpang di tengah lebih lapang. Demikian pula dengan tempat penyimpanan berbagai barang ukuran kecil di kotak penyimpanan di dashboard baik yang terbuka maupun tertutup.
Untuk pengendalian, kendaraan ini sudah dilengkapi dengan fasilitas power steering yang memudahkan manuver di jalan sempit atau kepadatan lalu lintas. Penggunaan mesin TATA 1400DI01 standar Euro 4 berkapasitas 1396 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal 70/4000 dan torsi hingga 140/1800 – 3000.
