Home > Mobil

Toyota Gazoo Racing Hidupkan Lagi Mesin 4A-GE AE86 Lewat GR Heritage Parts!

Cylinder head dan block sub-assembly akan diproduksi ulang, perdana dipamerkan di Initial D 30th Anniversary di Fuji Speedway.
Mesin 4A-GE Toyota yang Melegenda (Doc. Toyota). 
Mesin 4A-GE Toyota yang Melegenda (Doc. Toyota).

MOTORESTO.ID, JAKARTA - Toyota Gazoo Racing (TGR) kembali bikin gebrakan buat para pecinta mobil klasik Toyota. Melalui program GR Heritage Parts Project, TGR mengumumkan akan memproduksi ulang komponen vital mesin legendaris 4A-GE yang dipakai di Corolla Levin dan Sprinter Trueno (AE86).

Dua komponen yang direproduksi yakni cylinder head sub-assembly dan cylinder block sub-assembly. Kedua parts ini nantinya akan dipamerkan pada ajang "Initial D 30th Anniversary 2days" di Fuji Speedway, Jepang, pada 13-14 September 2025 nanti.

Pada event inilah, Toyota membuka kesempatan pre-order perdana untuk para penggemar mobil klasik Toyota yang ikonis dalam dunia otomotif, hingga budaya populer.

Nostalgia AE86 dan Initial D

Artwork Toyota AE86 Trueno dan Levin Initial D (Doc. Aoshima).
Artwork Toyota AE86 Trueno dan Levin Initial D (Doc. Aoshima).

Bagi pecinta otomotif, khususnya fans anime Initial D, AE86 bukan sekadar mobil klasik dengan lampu pop-up. Baik Trueno maupun Levin menjadi simbol era kejayaan mesin naturally aspirated Toyota.

Jangan salah, mesin 4A-GE ini cukup badak pada masanya. Di generasi AE86 sendiri, tenaganya sekitar 128 hp dengan torsi 142 Nm. Mesin ini juga tergolong high revving dengan daya putar hingga lebih dari 7.500 rpm. Ditambah lagi, 4A-GE terkenal tuning friendly dan ringan, menjadikannya favorit di dunia balap hingga drifting.

Mesin Tua Dengan Sentuhan Teknologi Baru

Meski mempertahankan desain dan spesifikasi asli, kedua parts ini sudah di-upgrade menggunakan teknologi modern. Penjelasan berikut akan sedikit teknis, tapi bikin ngiler.

Cylinder Head Sub-Assembly (Doc. Toyota).
Cylinder Head Sub-Assembly (Doc. Toyota).

Cylinder Head Sub-Assembly: ruang bakar kini lebih presisi, intake port dilapisi untuk mengurangi ketidakteraturan, serta cam cap knock pins ditambahkan agar perakitan lebih mudah.

Cylinder Block Sub-Assembly (Doc. Toyota).
Cylinder Block Sub-Assembly (Doc. Toyota).

Cylinder Block Sub-Assembly: sudah melalui proses honing terbaru untuk akurasi bore lebih tinggi, material besi cor lebih rigid, plus modifikasi struktur crank-cap berbasis simulasi untuk daya tahan ekstra.

Selain itu, Toyota juga menambahkan beberapa detail berdasarkan masukan pelanggan. Beberapa intake dan exhaust port kini punya dinding lebih tebal, sementara cylinder block dilengkapi boss dan rib untuk pemasangan melintang (transverse). Artinya, parts ini bisa digunakan tidak hanya pada AE86, tapi juga mobil Toyota berpenggerak roda depan.

Siap Dijual 2026, di Indonesia?

Kedua komponen ini diumumkan akan mulai dijual sekitar Mei 2026. Namun, jadwal peluncuran bisa berubah jika jumlah pesanan tidak sesuai target produksi. Informasi lebih lanjut setelah periode pre-order akan diumumkan di situs resmi GR Heritage Parts.

Meski Toyota Indonesia sebelumnya sudah pernah menghadirkan lini GR Heritage Parts, hingga kini belum ada konfirmasi resmi apakah cylinder head dan block AE86 terbaru ini juga akan didistribusikan ke Indonesia.

Meski Toyota Indonesia sebelumnya sudah pernah menghadirkan lini GR Heritage Parts, hingga kini belum ada konfirmasi resmi apakah cylinder head dan block AE86 terbaru ini juga akan didistribusikan ke Tanah Air.

Jika melihat pola sebelumnya, besar kemungkinan parts bisa dipesan melalui dealer resmi Toyota atau jaringan GR di Indonesia, meski detail harga dan mekanisme pre-order masih menunggu pengumuman lebih lanjut. Jadi, pantau terus kabar berikutnya.

× Image