Berbagi Ilmu Kepemimpinan dan Nilai Toyota di Kampus USK

MOTORESTO.ID,BANDA ACEH--Memperoleh pendidikan berkualitas merupakan hak semua warga negara Indonesia. Toyota Indonesia mewujudkannya dengan berbagi ilmu tentang kepemimpinan, Toyota Values dan Toyota Production System (TPS) lewat kuliah umum “Leadership and Toyota Value Sharing” di kampus Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan dengan meninjau Lean Manufacturing Laboratory (LML) yang dimiliki USK.
Para mahasiswa diperkenalkan dengan 7 (tujuh) nilai utama kepemimpinan Toyota. Yakni Integritas, Visioner, Menghargai, Kepemilikan, Inovatif, Kerja Sama, dan Utarakan Berita Buruk (Bad News First) dengan Cepat. "Nilai-nilai ini membantu menciptakan budaya perusahaan yang positif, mendorong inovasi, dan memastikan bahwa Toyota terus menjadi pemimpin di industri otomotif,” kata Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto saat melakukan kunjungan.
Serta Toyota Production System (TPS) sebagai sistem produksi asli yang dikembangkan Toyota untuk mencapai produksi yang efisien dan berkualitas. "TPS adalah sistem produksi asli yang dikembangkan oleh Toyota untuk mencapai produksi yang efisien dan berkualitas dengan meminimalkan pemborosan," kata Nandi.
Lean Manufacturing Laboratory di USK merupakan fasilitas bagai para mahasiswa untuk mempelajari TPS sebagai bagian dari DNA Toyota. Toyota juga menjadikan USK sebagai salah satu dari 10 universitas model TPS di Indonesia untuk mengimplementasikan praktik industri secara nyata.
Program TEY
Toyota Indonesia kembali menghadirkan program Toyota Eco Youth (TEY) dengan semangat baru melalui inisiatif “Mencari Bintang.” Program ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mewujudkan pendidikan berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh pelajar tingkat SLTA di Indonesia, termasuk mereka yang berada di wilayah 3T (terpencil, terluar, dan terdepan).
Sejak pertama kali diluncurkan lebih dari satu dekade lalu, TEY telah menjadi wadahkreatif bagi pelajar SLTA untuk mengembangkan dan merealisasikan berbagai inovas iyang berdampak nyata dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan di sekitarmereka. Namun, tantangan geografis dan keterbatasan akses informasi membuat banyak sekolah di luar kota besar belum terjangkau secara optimal.
Toyota Indonesia secara proaktif memperluas jangkauan kompetisi TEY dengan menyasar daerah-daerah yang selama ini belum tersentuh oleh kegiatan serupa. Langkah ini mencerminkan keyakinan bahwa potensi generasi muda tidak hanya tumbuh di pusat-pusat kota, tetapi juga hidup dan berkembang di pelosok negeri.