Home > Tips

Pentingnya Merawat Ban Mobil Berkala, Nomor 4 dan 6 Kerap Diabaikan

Untuk melakukan perawatan ban mobil juga bisa dilakukan dari rotasi ban
Ban mobil tetap perlu perawatan berkala agar awet.     dok Motoresto.id
Ban mobil tetap perlu perawatan berkala agar awet. dok Motoresto.id

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Ban merupakan satu satunya komponen dari kendaraan bermotor yang menapak langsung ke permukaan jalan. Kondisi permukaan jalan yang beragam, serta kecepatan kendaraan yang kerap dipacu dengan berbagai kecepatan dapat membuat ban cepat aus karena pemakaian. Agar ban mobil anda awet, tidak ada salahnya memahami tips sederhana yang disampaikan Goodyear ini.

1. Rawatlah Ban Mobil Secara Berkala

Ban mobil mahal atau murah tetap perlu perawatan berkala. Tetapkan sendiri waktu yang paling sesuai untuk Anda, sisihkan minimal 30 menit untuk setidaknya memonitor tekanan angin dan sisa ketebalan telapak. Jangan lupa ban serepnya juga perlu diperiksa.

2. Lakukan Rotasi Ban

Untuk melakukan perawatan ban mobil juga bisa dilakukan dari rotasi ban. Selama kaki kendaraan Anda tidak mengalami modifikasi, selama Anda tidak menggunakan ban yang tipe directional dan rajin melakukan spooring balancing maka rotasi ban seringkali tidak diperlukan lagi.

Rotasi dibutuhkan untuk menjaga performa ban yang stabil, keausan menyebar secara merata dan stabilisasi saat melakukan manuver kendaraan. Tetapi bila Anda mau melakukan rotasi, lakukanlah dengan pengawasan teknisi profesional setelah kendaraan menempuh jarak antara 5,000 – 10,000 KM.

3. Perhatikan Tekanan Angin Ban

Tekanan angin berpengaruh pada masa pakai, pengereman, pemakaian bahan bakar dan stabilisasi kendaraan. Dalam kondisi kekurangan angin, permukaan ban akan tertekuk di tengah karena kedua bahu ban yang lebih kokoh harus menopang seluruh beban. Keausan akan terjadi pada sisi samping, pengereman menjadi tidak maksimal dan kendaraan akan terasa berat sementara pemakaian bahan bakar menjadi bertambah.

Sebaliknya kelebihan tekanan angin, membuat ban cepat gundul pada sisi tengah, dan mobil terasa oleng saat bermanuver. Baik kelebihan tekanan angin atau kekurangan, semua berpengaruh besar pada kemampuan pengereman mobil karena ban tidak berfungsi maksimal (tidak seluruh permukaan ban menempel pada muka jalanan).

4. Perhatikan Beban Muatan Kendaraan

Sebaran beban yang merata pada seluruh ruang kabin kendaraan akan membuat beban merata. Perhitungkan beban tambahan di rak atas atau ekstra bagasi. Ban memiliki load index berbanding dengan speed ratingnya. Perkirakan total beban karena hal itu juga berpengaruh pada perhitungan tekanan angin dan pengereman.

5. Spooring dan Balancing

Perawatan lain adalah dengan membawa kendaraan roda empat Anda untuk spooring dan balancing. Alignment ke-empat roda dibutuhkan agar ban mobil kembali pada posisi awal. Sehingga perputaran ban lebih nyaman. Sementara balancing dilakukan agar ban seimbang seluruh putarannya.

Anda dapat melihat tanda-tanda kendaraan Anda membutuhkan spooring dan balancing dari beberapa ciri. Seperti adanya getaran pada ban yang menyebabkan setir ikut bergetar, terutama jika kendaraan melaju pada kecepatan di atas 80 km/jam. Ban yang tidak bisa lurus meskipun setir sudah diarahkan pada kondisi lurus atau normal. Sebaiknya spooring dan balancing dilakukan secara berkala setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali.

6. Gaya Berkendara Berpengaruh pada Usia Ban

Gaya Stop and Go, sering melakukan rem mendadak, skiding atau mendencitkan kendaraan lebih berpotensi membuat ban menjadi botak tidak merata. Sehingga masa penggunaan ban jadi lebih pendek, Anda pun harus lebih sering menggantinya atau perjalanan mengemudi Anda jadi tidak menyenangkan. Tetapi yang lebih berbahaya adalah bahwa risiko kecelakaan meningkat karena kondisi ban botak tidak merata, 30 persen lebih tinggi potensi tergelincir saat ban melakukan pengereman.

Perhatikan Kondisi Ban Cadangan

Meski disebut sebagai cadangan, faktanya kondisi ban cadangan juga tidak boleh luput dari pengawasan dan pengecekan secara berkala. Sebab kita tidak pernah tahu kapan ban cadangan akan berguna. Jangan sampai kondisi ban cadangan tidak prima dan tidak bisa digunakan pada saat yang dibutuhkan.

× Image