Home > Mobil

Hyundai: Penjualan 2024 Tertekan, Stargazer dan Creta Jadi Andalan

Hyundai Motor Indonesia tetap optimis menghadapi tantangan pasar otomotif 2024.
Dok. Hyundai
Dok. Hyundai

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Tahun 2024 menjadi periode yang penuh tantangan bagi industri otomotif, termasuk bagi Hyundai Motor Indonesia (HMID). Chief Marketing Officer HMID, Budi Nur Mukmin, mengungkapkan bahwa kondisi pasar yang menurun dan tantangan ekonomi global memberikan dampak pada performa penjualan. Meski demikian, Hyundai tetap optimis melalui peluncuran berbagai produk unggulan.

“Penjualan tahun ini memang tidak mudah. Tahun lalu, kami menjual sekitar 32.000 unit, namun tahun ini mungkin sedikit di bawah itu. Tantangan ini juga dialami hampir semua merek, terutama dengan tingginya suku bunga dan Non-Performing Loan (NPL) yang membuat pengajuan kredit kendaraan semakin sulit,” ungkap Budi Nur Mukmin.

Meski menghadapi berbagai hambatan, Hyundai tetap mengandalkan produk-produk unggulan mereka, seperti Hyundai Stargazer, Stargazer X, dan Creta. Ketiga model ini menjadi kontributor utama, menyumbang sekitar 50% dari total penjualan Hyundai tahun ini.

“Tucson mendapat respons yang positif. Saat ini, booking sudah mencapai tiga digit, dan unitnya sudah tersedia. Kami optimis permintaannya akan terus meningkat ke depannya,” tambahnya.

Sementara itu, peluncuran Hyundai Santa Fe tidak berdampak negatif pada penjualan Hyundai Palisade. Bahkan, penjualan Palisade justru meningkat dan kini masuk status back order.

“Ini menunjukkan bahwa Santa Fe dan Palisade melayani segmen pasar yang berbeda. Santa Fe lebih cocok untuk keluarga, sedangkan Palisade memenuhi kebutuhan segmen yang lebih spesifik,” kata Budi.

Hyundai optimis dengan strategi mereka, termasuk memperluas portofolio produk di tahun mendatang. Dengan fokus pada inovasi dan kebutuhan pasar, HMID berharap dapat mempertahankan momentum dan terus memberikan pilihan terbaik kepada konsumen.

× Image