Isuzu Peringati 50 Tahun Hadir di Tanah Air, Begini Hasilnya
MOTORESTO.ID,JAKARTA-- Usia 50 tahun bukanlah waktu singkat bagi sebuah bisnis yang terus berkembang. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai “Real Partner, Real Journey” bagi masyarakat khususnya Isuzu Partner mengalami hal tersebut. Komitmen #IsuzuTerusMenemani ini akan terus dilakukan PT IAMI untuk berkontribusi dalam mendorong pergerakan dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia.
"Kami harap perayaan 50 tahun ini dapat dinikmati oleh semua pihak dan kedepannya kita dapat tumbuh dan berkembang bersama,” kata Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Yusak Kristian Solaeman.
Sepak terjang Isuzu membangun bisnisnya di Indonesia dimulai pada tahun 1974 dan berhasil menyita perhatian masyarakat dengan kendaraan pick up Isuzu TLD. Di tahun 2008, PT IAMI mengembalikan arah bisnis Isuzu di Indonesia dengan berfokus kepada industri kendaraan komersial.
Langkah strategis ini diambil untuk kembali kepada akar utama bisnis Isuzu sebagai produsen kendaraan komersial terkemuka. Keseriusan PT IAMI di segmen kendaraan komersial kemudian ditunjukkan dengan pengembangan kendaraan khusus yang diperuntukkan pasar Indonesia dan sejumlah negara lainnya.
Hingga di tahun 2018 lahirlah Isuzu Traga yang mengisi segmen medium pick up dan secara khusus diproduksi di Indonesia. Hadirnya Isuzu Traga ini menjadikan Isuzu Indonesia sebagai manufaktur sekaligus basis ekspor untukkebutuhan Isuzu secara global sejalan dengan visi Isuzu menjadi manufaktur kelas dunia.
Selain Isuzu Traga, PT IAMI juga memantapkan posisinya sebagai pemimpin di industri kendaraan komersial melalui rangkaian produknya seperti Isuzu GIGA, Isuzu Elf, IsuzuMu-X, dan Isuzu D-MAX. "Beriringan dengan perjalanan dan semangat 50 Tahun #IsuzuTerusMenemani, kami juga terus berupaya untuk mengembangkan setiap channel Isuzu yang akan memperkuat ekosistem dari Isuzu itu sendiri," katanya.
Saat ini Isuzu telah memiliki 4 Part Depo yang berlokasi di Medan, Makassar, Palembang, dan Pontianak,49 Karoseri Partner, lebih dari 1800 Partshop, 140 Bengkel Mitra Isuzu, dan lebih dari 150 Bengkel Isuzu Berjalan yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2024, di tengah penurunan pasar kendaraan komersial, Isuzu berhasil meningkatkan market share.
Hingga September 2024, Isuzu mencatatkan market share sebesar 30,7 persen, bertumbuh 3,5 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 lalu. Angka ini menunjukan kepercayaan konsumen terhadap Isuzu untuk terus menemani bisnis Isuzu Partner.