Home > Mobil

Yuk, Kenali Pertanda Harus Ganti Ban Mobil!

Ban yang secara fisik terlihat bagus bisa mengelabui anda bila tidak memperhatikan aspek lain!
Mengganti Ban Mobil Yang Sudah Tidak Layak Pakai Sangatlah Penting! 
Mengganti Ban Mobil Yang Sudah Tidak Layak Pakai Sangatlah Penting!

MOTORESTO.ID, JAKARTA - Masih bingung perihal ganti ban mobil? Meski situasi tiap ban berbeda, faktor pemakaian hingga umur ban dapat mempengaruhi durabilitas ban mobil anda lho. Lalu, baiknya kapan sih ganti ban?

Fungsi dan Durabilitas

Pada umumnya, ban mobil terbuat dari campuran karet alam dan sintetis, hingga karbon dan kawat baja yang disatukan untuk memberikan fleksibilitas, daya tahan, dan traksi yang optimal di berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Namun, namanya barang yang dipakai tentu ada masanya. Ban mobil perlu diganti setiap 5 hingga 6 tahun, terlepas kondisi fisiknya yang masih terlihat baik. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi durabilitas ban mobil sebagai berikut:

1. Usia Ban
Produsen ban dan pakar keselamatan merekomendasi mengganti ban yang sudah berusias 5 hingga 6 tahun dari tanggal produksinya. Bahkan, 10 tahun menjadi jangka maksimal usia sebuah ban! Setelah jangka waktu ini, karet pada ban mulai mengeras dan berkerak, menjadi rentan terhadap keretakan sehingga mengurangi keamanan dan kenyamanan berkendara.

2. Kedalaman Alur Ban
Jangan tertipu oleh tampilan fisik yang masih oke ya, jika alur ban sudah aus hingga mencapai kedalaman minimum 1,6 mm, maka ban harus diganti. Ban dengan alur yang sudah habis akan mengurangi traksi/cengkeraman, membuatnya berisiko aquaplaning pada jalan basah.

3. Kondisi Fisik Ban
Kalau anda melihat tanda-tanda seperti benjolan di sisi ban, kerak dan retak pada dinding ban, dan kerusakan lainnya, sebaiknya anda mengganti ban demi kenyamanan dan keamanan berkendara.

4. Frekuensi Pemakaian dan Jarak Tempuh
Bagi anda yang sering berpergian jarak jauh, tentu perawatan ban anda juga harus sesuai dengan jarak tempuhnya. Umumnya, ban mampu bertahan antara 40.000 hingga 80.000 kilometer sebelum harus diganti, namun ini kembali pada jenis ban dan penggunaannya.

Jadi, ada baiknya kita merawat dan mengecek kondisi ban mobil kita. baik Isi dengan tekanan yang sesuai hingga mengganti ban setiap 5 hingga 6 tahun atau bila kondisinya perlu diganti secepatnya. Pemeriksaan secara rutin juga penting sekaligus memastikan kenyamanan, keamanan, dan performa mobil anda.

× Image