Home > Gaya Hidup

F1 Tunda Rencana Balapan Pemula hingga 2025, Bahas Regulasi Baru untuk Musim 2026

F1 tunda balapan pemula hingga 2025, sekaligus bahas regulasi teknis dan finansial 2026.
Dok. F1
Dok. F1

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Komisi F1 memutuskan untuk menunda pelaksanaan balapan pemula khusus pembalap muda hingga tahun 2025. Awalnya, rencana ini sempat dipertimbangkan untuk digelar di akhir musim 2024 di Abu Dhabi. Namun, dalam rapat yang berlangsung pada hari Rabu, Komisi F1 memilih untuk menunda acara tersebut karena keterbatasan waktu dan organisasi.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Stefano Domenicali, Presiden dan CEO Formula 1, serta Direktur Single-Seater FIA, Nikolas Tombazis, Komisi F1 membahas gagasan balapan khusus untuk para pembalap muda. Meski mendapat dukungan luas, keputusan akhir adalah untuk tidak menggelarnya pada 2024. Sebuah pernyataan resmi menyebutkan bahwa konsep balapan pemula akan dipertimbangkan kembali untuk dilaksanakan pada tahun 2025.

“Meskipun konsep tersebut mendapat dukungan luas, diputuskan bahwa karena keterbatasan waktu dan organisasi, acara tersebut tidak akan berlangsung pada tahun 2024, dan diskusi akan terus berlanjut untuk merumuskan konsep dan rencana potensial untuk tahun 2025.” demikian pernyataan dari Komisi F1.

Selain membahas balapan pemula, rapat tersebut juga menyoroti berbagai perubahan regulasi untuk musim 2026, termasuk aspek teknis dan finansial. Pada 2026, akan ada perubahan besar pada peraturan teknis terkait kinerja aerodinamika, yang dihasilkan dari kolaborasi antara tim dan FIA. Pengujian pramusim 2026 juga akan diperluas dengan tiga sesi pengujian selama tiga hari, guna menghadapi tantangan dari Peraturan Unit Daya baru yang akan diterapkan.

Tak hanya aspek teknis, Peraturan Keuangan juga akan mengalami penyesuaian. Komisi F1 berkomitmen menjaga keseimbangan kompetitif dan keberlanjutan finansial melalui evolusi dari regulasi yang sudah ada. Semua perubahan ini masih harus mendapat persetujuan dari Dewan Olahraga Motor Dunia pada pertemuan berikutnya pada 17 Oktober.

× Image