Home > Mobil

Tips Merawat Cat Mobil agar Tetap Kinclong, Apa Saja yang Harus Diperhatikan ?

Diperlukan upaya khusus untuk mempertahankan kecemerlangan cat kendaraan.
Mobil baru masa kini umumnya dicat dengan bahan khusus yang memiliki daya tahan lama.                          dok Mazda
Mobil baru masa kini umumnya dicat dengan bahan khusus yang memiliki daya tahan lama. dok Mazda

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Daya tarik kendaraan masa kini salah satunya tampak dari kecemerlangan catnya. Semakin mulus dan mengkilap, tentunya kendaraan tersebut akan menjadi kebanggan pemiliknya.

Karena itu diperlukan upaya khusus untuk mempertahankan kecemerlangan cat kendaraan agar awet meski diterpa sinar matahari, debu dan perubahan iklim yang terjadi setiap saat.

Berikut beberapa tips sederhana yang dihimpun dari berbagai sumber yang patut diketahui pemilik kendaraan agar dapat merawat cat kendaraannya dengan benar.

1. Gunakan sabun khusus kendaraan

Mencuci kendaraan secara teratur sebaiknya menggunakan sabun khusus bagi kendaraan. Ini diperlukan karena cat kendaraan mengandung sejumlah unsur kimia yang dapat terganggu oleh hadirnya sabun jenis lain. Seperti sabun yang menggunakan pelarut kuat atau terlalu keras sehingga merusak finishing cat kendaraan termasuk cat jenis glossy atau matte.

2. Pahami jenis cat yang melekat di kendaraan

Hadirnya beragam jenis cat seperti matte atau glossy membutuhkan penanganan khusus dalam merawatnya. Termasuk menggunakan bahan yang berbeda. Namun, bengkel cat yang berpengalaman atau bengkel resmi umumnya sudah memahami penggunaan material khusus agar cat tetap cemerlang.

3. Gunakan kain microfiber

Penggunaan kain pembersih jenis microfiber menjadi penting. Permukaan kain yang lebut dan halus akan mampu menangkap kotoran yang melekat dan mengurangi risiko cat mobil tergores ringan.

4. Hindari Pencucian Otomatis

Pencuci otomatis kerap dijumpai di kawasan perumahan. Sistem ini banyak digemari karena dianggap lebih cepat dibanding mencuci dengan cara biasa dan bergengsi. Namun, perlu diperhatikan pencucian dengan mesin ini menggunakan sikat yang kasar dan keras sehingga dapat merusak permukaan cat seperti jenis matte. Karena itu sebaiknya pencucian dilakukan di tempat manual dengan menggunakan tenaga manusia.

5. Menggunakan Wax

Penggunaan wax khusus mobil bisa digunakan untuk melindungi permukaan lapisan cat mobil. Wax berfungsi melindungi cat mobil terutama dari sinar matahari atau goresan ringan.

Wax yang menggunakan campuran bahan carnauba wax, natural oil, beeswax dan lain sebagainya. Penggunaan wax ini sebagai bentuk dukungan dalam perawatan cat mobil agar bertahan untuk jangka panjang.

6. Parkir Kendaraan di Tempat Sejuk

Biasakan parkir kendaraan di tempat yang sejuk. Paparan sinar matahari langsung untuk jangka lama akan merusak cat kendaraan. Karena itu biasakan parkir kendaraan di tempat yang aman dari paparan langsung sinar matahari.

Demikian juga saat mencuci mobil sebaiknya tidak dibawah sinar matahari langsung karena sabun yang digunakan dapat merusak cat akibat terpapar sinar matahari langsung.

× Image