Home > Gaya Hidup

Pilih Kenyamanan Helm Half Face? Atau Keamanan Helm Full Face?

Kedua jenis helm ini menjadi pertimbangan hingga perdebatan pengendara, lebih worth it mana ya?
Display Helm Full Face dan Half Face JPX Pada GIIAS 2023. (Dok: Motoresto)
Display Helm Full Face dan Half Face JPX Pada GIIAS 2023. (Dok: Motoresto)

MOTORESTO.ID, JAKARTA - Ada berbagai jenis helm yang tersedia yakni helm half face dan helm full face. Kedua jenis helm ini berbeda dari berbagai aspek hingga memunculkan perdebatan "Lebih worth it mana?", Yuk simak artikel ini.

Keamanan

Helm half face jelas lebih superior dari segi keamanan. Helm ini dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal seluruh bagian kepala, termasuk rahang dan dagu yang merupakan titik rentan saat terjadi kecelakaan. Helm full face sangat penting karena banyak kecelakaan melibatkan benturan pada bagian depan kepala.

Di sisi lain, helm half face hanya melindungi bagian atas dan samping kepala, meninggalkan wajah dan dagu terbuka. Memang helm half face juga memberikan perlindungan, tapi untuk benturan ringan. Meski area kepala yang terlindungi tidak seluas helm full face, banyak pengendara memilih helm half face karena lebih nyaman dan praktis.

Kenyamanan

Dengan bobotnya yang lebih ringan dan sirkulasi udara yang lebih baik, kenyamanan helm half face jelas lebih unggul dibanding helm full face. Helm half face lebih ideal untuk penggunaan sehari-hari, terutama diwilayah perkotaan yang kerap macet dan panas.

Helm half face praktis dan nyaman, berbeda dengan helm half face yang cenderung lebih berat dan tertutup rapat. Dan jangan lupa, umumnya helm half face dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding helm full face yang jangkauan harganya lebih tinggi..

Tapi, helm full face juga memberikan kenyamanan dengan melindungi muka dari angin, debu, hujan, hingga serangga, membuatnya cocok untuk perjalanan jauh dan kecepatan tinggi.

Jadi Mau Yang Mana?

Mau bagaimanapun, kedua jenis helm ini aman kok. Yang membedakannya yakni pada prioritas pengendara. Jika keamanan menjadi prioritas utama, terutama untuk perjalanan jauh atau berisiko, helm full face adalah pilihan terbaik.

Sedangkan, bagi pengendara yang lebih mementingkan kenyamanan dan kepraktisan berkendara dalam kota, helm half face bisa menjadi opsi baik. Ingat, memilih helm harus disesuaikan dengan kebutuhan pengendara dan sudah memenuhi sertifikasi kemanan.

× Image