Home > Mobil

Begini Rasanya Seharian Berkendara Pakai NETA X Keliling Jakarta

Neta X memberikan kesan futuristis, nyaman dikendarai, dengan fitur canggih yang sangat membantu di perkotaan.
NETA X Dok. Motoresto.id
NETA X Dok. Motoresto.id

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Setelah tampil di GIIAS 2024 beberapa bulan lalu, Neta X kembali hadir dengan mengundang awak media untuk merasakan langsung pengalaman berkendara di jalanan Jakarta. Mobil crossover listrik ini menawarkan banyak fitur canggih yang membuatnya menarik di kelasnya.

Memasuki kabin, kesan futuristis langsung terasa. Desain minimalis tanpa banyak tombol memberi suasana modern. Semua pengaturan kendaraan, dari navigasi hingga AC dan infotainment, terpusat pada layar sentuh berukuran 15,6 inci. Pengemudi juga hanya perlu menggunakan dua tombol di setir untuk mengontrol berbagai fitur, seperti lane keeping assist, adaptive cruise control, hingga mengatur spion.

Tampak layar ukuran 15,6 Inci pada NETA X.       Dok Motoresto.id
Tampak layar ukuran 15,6 Inci pada NETA X. Dok Motoresto.id

Panel digital pada instrumen cluster terasa sederhana, mirip dengan model Neta V dan Neta V-II yang lebih dulu dijual di Indonesia. Layar head unit yang sudah touchscreen menampilkan informasi penting seperti kondisi baterai dan pengaturan ADAS.

Pengalaman Berkendara dan Fitur Canggih

Setelah terbiasa dengan pengaturan tombol dan fitur-fitur yang ada, mobil ini langsung terasa bertenaga dengan akselerasi 161 hp dan torsi 210 Nm yang instan, khas mobil listrik. Tersedia tiga mode berkendara—Eco, Comfort, dan Sport—yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Menariknya, mobil ini juga dilengkapi fitur one-pedal yang memungkinkan pengemudi mengurangi penggunaan rem saat deselerasi.

Kabin NETA X terasa lapang dan canggih                  dok Motoresto.id
Kabin NETA X terasa lapang dan canggih dok Motoresto.id

Namun, dibandingkan dengan rivalnya seperti BYD Atto 3 dan Chery OMODA E5, Neta X memang masih kalah dalam hal performa. Contohnya, OMODA E5 memiliki tenaga 201 hp dengan torsi 340 Nm. Meski demikian, untuk penggunaan di kota, tenaga Neta X sudah cukup memadai, terutama mengingat kemacetan Jakarta.

Fitur ADAS yang Responsif namun 'Bawel'

Fitur ADAS di Neta X tergolong lengkap dengan adaptive cruise control dan lane keeping assist yang bisa digunakan di berbagai kondisi, termasuk saat macet di tol. Namun, ADAS di mobil ini terkesan sedikit 'bawel' karena sensitivitasnya cukup tinggi. Lane keeping assist terasa sangat intervensif, bahkan kami terpaksa mematikan Forward Collision Warning karena karakternya yang terlalu sensitif.

Dari segi baterai, Neta X mengungguli kompetitornya. Mobil ini menggunakan baterai berkapasitas 63,56 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 480 km dalam satu kali pengecasan penuh. Pengecasan dapat dilakukan dengan metode fast charging menggunakan colokan Type 2 CCS2 yang sudah umum di Indonesia.

Setelah menjajal Neta X di berbagai daerah di Jakarta, mobil ini terbukti nyaman untuk penggunaan harian maupun perjalanan jarak jauh. Fitur V2L yang memungkinkan mobil menyediakan listrik untuk perangkat lain juga menambah nilai tambahnya, terutama bagi mereka yang suka berkemah atau berkegiatan di luar ruangan.

Meski performanya tidak sekuat beberapa kompetitor, Neta X tetap menarik berkat desain, fitur, dan kenyamanan yang ditawarkan. Harga resminya belum diumumkan, namun diperkirakan berada di kisaran Rp 460-490 juta melalui pre-booking.

Disain NETA X cukup menarik dan mampu bersaing dengan kompetitor.   dok. Motoresto.id
Disain NETA X cukup menarik dan mampu bersaing dengan kompetitor. dok. Motoresto.id
× Image