Home > Motor

Tips Menghindari Kendala Electric Starter pada Sepeda Motor

Memanfaatkan Kick Starter sebagai Alternatif Saat Sistem Kelistrikan Bermasalah
Dok. WMS
Dok. WMS

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Kick starter atau metode engkol masih menjadi salah satu fitur penting pada sepeda motor di era modern, termasuk pada motor-motor Honda. Meskipun sepeda motor kini dilengkapi dengan electric starter yang memudahkan pengguna, kendala pada sistem kelistrikan kerap memaksa pengendara untuk mengandalkan kick starter.

PT Wahana Makmur Sejati (WMS), sebagai Main Dealer sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang, mengimbau pemilik motor Honda untuk tetap memperhatikan komponen-komponen penting agar sepeda motor tetap mudah dihidupkan.

Menurut Wahyu Budhi, Training Analyst PT WMS, perawatan komponen seperti sistem pengapian, klep, karburator, filter udara, dan aki motor sangat penting untuk menjaga performa motor. Misalnya, sistem pengapian yang bermasalah pada busi, kabel pengapian, atau CDI dapat menghambat pembakaran di ruang mesin.

"Meski jarang digunakan, kick starter dapat menjadi solusi saat electric starter tidak berfungsi. Oleh karena itu, konsumen harus memastikan komponen ini tetap terawat," ujar Wahyu.

Untuk mencegah masalah saat menyalakan motor, WMS juga membagikan beberapa tips sederhana namun efektif. Salah satunya adalah memanaskan mesin motor sebelum digunakan, terutama jika motor jarang dipakai. Penggunaan bahan bakar berkualitas sesuai rekomendasi juga penting untuk menjaga performa mesin.

Servis berkala di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) menjadi langkah penting yang tidak boleh diabaikan. PT WMS memiliki lebih dari 300 AHASS di Jakarta-Tangerang dengan mekanik tersertifikasi yang siap memberikan perawatan dan penggantian sparepart asli Honda. Selain itu, WMS menyediakan aplikasi WANDA yang memudahkan konsumen untuk memesan servis secara online.

× Image