Home > Mobil

Merawat AC Mobil agar tetap Prima, Apa Saja yang Wajib Diperhatikan ?

Kendaraan modern saat ini sudah dilengkapi alat penyejuk udara sebagai fasilitas standar mereka.
AC kendaraan juga membutuhakn perawatan berkala.      dok Toyota (ilustrasi)
AC kendaraan juga membutuhakn perawatan berkala. dok Toyota (ilustrasi)

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Panasnya suhu kota besar di mayoritas kota di Indonesia membuat kehadiran air conditioned (AC) yang andal menjadi kebutuhan vital. Karena itu kendaraan modern saat ini sudah dilengkapi alat penyejuk udara sebagai fasilitas standar mereka.

Namun, sebagai perangkat listrik, AC tetap membutuhkan perawatan berkala agar tetap mampu berfungsi secara optimal. Berikut penjelasan cara merawat AC yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bersihkan filter AC secara rutin

Setiap AC kendaraan selalu memiliki filter yang berfungsi menyaring kotoran masuk. Apabila tidak dibersihkan secara berkala atau diganti, kinerja AC akan berat dan membuat ruang kabin kendaraan menjadi kurang sejuk. Membersihkan filter bisa dilakukan di bengkel AC atau mandiri dengan menyeprotkan udara bertekanan tinggi atau kompressor.

2. Periksa blower AC

Kipas blower AC kendaraan juga perlu perawatan. Kipas yang tidak bekerja dengan normal akan berpengaruh pada kinerja AC di dalam kabin penumpang.

3. Tidak merokok dalam kabin

Asap rokok dalam kabin kendaraan yang terbatas akan membuat kabin pengab dan kurang baik bagi kesehatan penumpang. Biasakan untuk tidak merokok saat AC dihidupkan sehingga tidak mengganggu sirkulasi udara dan kenyamanan penumpang di dalam kabin.

4. Tidak membuka jendela saat AC menyala

jendela yang dibuka akan membuat udara dari luar masuk ke dalam kabin. Hal ini akan membuat hembusan udara dari AC menjadi terganggu karena tercampur dari udara di luar yang mengandung debu atau kotoran.

5. Ganti oli kompresor

Penggantian oli kompresor secara berkala penting guna menjaga kinerja AC. Oli kompresor sangat dibutuhkan untuk membantu memompa freon ke dalam kabin kendaraan. Biasanya penggantian oli dilakukan sekali dalam setahun sesuai kebutuhan.

6. Jangan lupa servis rutin

Melakukan servis rutin AC kendaraan akan membantu memperpanjang usia komponen AC. Lakukan servis berkala di bengkel resmi ataupun bengkel khusus AC langganan. Percayakan perawatan pada mekanik AC berpengalaman agar tidak tertipu.

× Image