Home > Gaya Hidup

Tampilkan Kesederhanaan, Paus Fransiskus Pilih Toyota Sienta Selama Kunjungan di Timor Leste

Toyota Sienta dipilih Paus Fransiskus karena kepraktisannya untuk mobilitas di Timor Leste.
Dok. Reuters/Willy Kurniawan
Dok. Reuters/Willy Kurniawan

MOTORESTO.ID, TIMOR LESTE — Paus Fransiskus tiba di Timor Leste pada Senin, 9 September 2024, sebagai bagian dari rangkaian perjalanan apostoliknya di Asia Tenggara. Dalam kunjungannya kali ini, mobilitas Paus menarik perhatian karena ia memilih Toyota Sienta sebagai kendaraan resmi selama berada di negara tersebut.

Mobil berwarna silver dengan pelat khusus "SVC 1" itu digunakan Paus untuk berpindah dari bandara menuju sejumlah lokasi penting, termasuk Asrama Nunsiatura Apostolik dan Istana Presiden Timor Leste. Sebelumnya, selama kunjungannya di Indonesia, Paus Fransiskus menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix, sementara di Papua ia memilih Toyota Raize sebagai kendaraan utama.

Selama perjalanan menuju Istana Presiden Timor Leste, Paus Fransiskus membuka kaca mobil dan melambaikan tangan kepada ribuan masyarakat yang berbaris di sepanjang jalan.

Toyota Sienta, yang dikenal sebagai MPV kompak, memiliki desain praktis dan nyaman, cocok untuk perjalanan di perkotaan maupun menghadapi antusiasme publik yang tinggi, seperti saat kunjungan Paus ini. Mobil berkapasitas tujuh penumpang tersebut juga dilengkapi dengan pintu geser otomatis, memudahkan akses keluar-masuk, terutama saat acara resmi seperti upacara penyambutan di Istana Negara. Kepraktisan ini kemungkinan menjadi salah satu alasan utama dipilihnya Sienta oleh otoritas Vatikan.

Di Indonesia sendiri, Toyota Sienta telah discontinue. Mobil MPV boxy keluaran Toyota ini memiliki kepraktisan serupa dengan Honda Freed, terutama dengan fitur pintu geser otomatis yang memudahkan akses ke kabin. Fitur ini sangat cocok untuk mengantar anak ke sekolah atau mengangkut keluarga dengan kapasitas hingga tujuh penumpang.

Di sektor mesin, Toyota Sienta dibekali dapur pacu berkapasitas 1.497 cc DOHC 16-valve dengan teknologi Dual VVT-i. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 107 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.400 rpm.

× Image