Home > Mobil

Intip Spesifikasi Pindad Maung, Kendaraan Khusus untuk Paus Fransiskus

Popemobile Karya PT Pindad Siap Menyambut Bapa Suci di Jakarta
Dok. Tangkapan laya Instagram/herryabemali
Dok. Tangkapan laya Instagram/herryabemali

MOTORESTO.ID, JAKARTA — Dalam rangka menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3–6 September 2024, PT Pindad, produsen alat pertahanan dan kendaraan taktis asal Bandung, telah merancang sebuah kendaraan khusus untuk keperluan Bapa Suci. Kendaraan tersebut adalah versi modifikasi dari Maung, yang dikenal sebagai popemobile dalam konteks kunjungan gerejawi ini.

Pindad Maung, kendaraan taktis yang biasa digunakan untuk operasional militer dan polisi, telah dimodifikasi untuk digunakan dalam kunjungan Paus. Kendaraan ini memiliki desain semiterbuka dengan penutup khusus di bagian depan untuk melindungi Paus dari cuaca. Bagian belakang kendaraan dilengkapi dengan pintu dan tangga kecil, memudahkan akses naik-turun bagi Paus Fransiskus yang berusia 87 tahun.

Dikutip dari Portal Informasi Indonesia yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Maung dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan Paus berkeliling stadion.

Spesifikasi Pindad Maung Popemobile:

  • Panjang: 4,8 meter
  • Lebar: 2 meter
  • Tinggi: 1,8 meter
  • Kapasitas Angkut: Hingga 4 penumpang
  • Mesin: Diesel 1.900 cc
  • Daya Maksimum: 136 tenaga kuda
  • Kecepatan Maksimum: 120 km/jam
  • Jarak Tempuh: 650 kilometer

Maung adalah kendaraan angkut personel ringan yang dirancang untuk operasional di medan sulit, sehingga memiliki daya tahan dan ketahanan yang tinggi. Kendaraan ini sebelumnya dikenal dalam konteks militer dan kepolisian, tetapi kali ini telah diadaptasi untuk kebutuhan ceremonial Paus Fransiskus. Penyesuaian desain dan fitur dilakukan untuk memastikan kendaraan ini sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Paus selama kunjungan.

Kendaraan ini akan digunakan untuk membawa Paus Fransiskus berkeliling stadion selama misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Madya pada 4 September 2024.

× Image