Home > Mobil

Recall Mobil Listrik, Mini Cooper Tarik Kembali 12.500 Unit Karena Risiko Korsleting

Lebih dari 12.500 Unit Terdampak, Pembaruan Perangkat Lunak Jadi Solusi
Dok. Carscoop
Dok. Carscoop

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- BMW, produsen mobil Mini Cooper SE, mengumumkan penarikan kembali lebih dari 12.500 unit Mini Cooper SE EV 2 Door Hardtops model tahun 2020-2024. Penarikan ini dilakukan karena risiko korsleting pada baterai bertegangan tinggi yang dapat memicu kebakaran, bahkan ketika kendaraan tidak sedang digunakan.

Dikutip dari Carscoop, Masalah ini pertama kali terdeteksi pada Oktober 2023 ketika sebuah unit Cooper SE terbakar di Amerika Serikat, dan kejadian serupa terjadi di Jerman pada Januari 2024. Setelah dilakukan investigasi, ditemukan adanya kesalahan isolasi pada baterai yang menyebabkan potensi korsleting.

Meski belum ada laporan terkait kecelakaan atau cedera, BMW memutuskan untuk menarik kembali kendaraan yang diproduksi antara Maret 2019 dan Januari 2024. Solusi permasalahan ini tidak memerlukan perbaikan mekanis, melainkan cukup dengan pembaruan perangkat lunak.

Pembaruan tersebut akan menambahkan fungsi diagnostik yang dapat mendeteksi kerusakan dan secara otomatis mengosongkan daya baterai hingga di bawah 30% jika terdeteksi malfungsi. Pemilik kendaraan akan mulai diberi tahu pada Oktober 2024.

× Image