Home > Mobil

Toyota Recall Kamera Depan dan Belakang untuk Toyota bZ4X dan Lexus

Pemilik Diminta Segera Mengunjungi Bengkel Resmi untuk Pemeriksaan dan Penggantian Gratis
Dok. TAM
Dok. TAM

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- PT Toyota-Astra Motor (TAM) umumkan pemanggilan kembali atau recall untuk model Toyota bZ4X dan beberapa model Lexus yang diproduksi antara Desember 2022 hingga Agustus 2023. Recall ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian Front View Camera dan Rear View Camera yang berpotensi mengalami kerusakan akibat proses pengelasan yang kurang optimal pada wadah kamera.

Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM, menjelaskan bahwa kegiatan recall ini merupakan bagian dari komitmen Toyota untuk terus meningkatkan kualitas produk dan memastikan keamanan serta kenyamanan pelanggan.

"Sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Toyota dan Lexus di Indonesia, kami menjalankan inisiatif global dari prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC) dengan menginformasikan dan mengajak para pemilik Toyota bZ4X dan beberapa model Lexus untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat. Pemeriksaan dan penggantian parts akan dilakukan tanpa biaya apapun," ungkap Henry.

Pemeriksaan dan penggantian kamera ini dilakukan karena ditemukan kemungkinan wadah kamera dapat terlepas akibat tekanan eksternal, yang berpotensi menyebabkan air masuk ke dalam kamera dan mengakibatkan korsleting pada sirkuit. Jika kondisi ini dibiarkan, kemampuan kamera untuk menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan akan terganggu, yang dapat membahayakan keselamatan saat berkendara.

Model yang terlibat dalam recall ini adalah Toyota bZ4X dan beberapa model Lexus seperti ES, LS, NX, dan RX. Pemilik kendaraan yang termasuk dalam periode produksi Desember 2022 hingga Agustus 2023 diharapkan segera mendatangi bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk pemeriksaan lebih lanjut. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan adalah sekitar 50 menit hingga 2 jam, sementara jika diperlukan penggantian parts, waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 1,5 hingga 4 jam tergantung pada model kendaraan.

PT TAM juga mengimbau para pelanggan untuk melakukan booking terlebih dahulu sebelum mengunjungi bengkel, guna menghindari antrean panjang dan memastikan proses pemeriksaan berjalan lancar. "

Selain informasi resmi melalui surat, PT TAM menghimbau pelanggan untuk menghubungi dealer Toyota atau Lexus manapun untuk memverifikasi apakah kendaraannya termasuk dalam recall ini," tambah Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat mengakses website resmi Toyota di https://www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315. Khusus untuk Lexus, pelanggan dapat menghubungi Lexus Customer Care di nomor 021-390-9999 atau 0821-8090-0900.

× Image